Airbus A380 Mendadak Mendarat di Cengkareng

Singapore Airlines
Sumber :
  • Topnews.in

VIVAnews - Pesawat Airbus A380 milik Singapore Airlines, yang terbang dari Singapura menuju Sydney, Australia, mendadak mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Jumat 4 Mei 2012. Pesawat berbadan besar itu terpaksa mendarat karena salah satu penumpangnya mendadak sakit.

"Ada salah satu penumpang tujuan Sydney yang harus mendapat pertolongan pertama," ujar Corporate Secretary Angkasa Pura II, Hari Cahyo saat berbincang dengan VIVAnews.

Pesawat itu mendarat sekitar pukul 15.50 WIB. Menurut Hari, sesuai prosedur, jika terdapat salah satu penumpang yang memerlukan perawatan, pesawat memang harus didaratkan di bandara terdekat. "Kebetulan bandara terdekat itu Soekarno Hatta. Jadi istilahnya bukan mendarat darurat, itu yang harus diluruskan," ujar Hari. "Ini technical landing, technical reason."

Saat ini, sambung Hari, proses evakuasi tengah berlangsung. Penumpang yang sakit itu sedang mendapatkan perawatan pertama. "Untuk data-data teknisnya, masih dalam proses pengumpulan," katanya.

Hari menambahkan, pesawat milik Singapore Airlines ini merupakan pesawat A380 pertama yang mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Meski demikian, Bandara Soekarno Hatta sudah layak untuk didarati pesawat berbadan lebar seperti A380 ini.

"Runway kita cukup, tadi mendarat dengan mulus, namun masih perlu penyempurnaan agar benar-benar layak didarati pesawat A380," kata Hari. "Ada beberapa yang harus dipenuhi, sayapnya lebar sekali." (ren)

Nasib Tragis Inter Milan di Tangan Suning Group, Erick Thohir Jadi Sorotan
Penumpang kereta cepat Whoosh.

Tiket Whoosh Dijual Mulai dari Rp 150 Ribu pada Libur Panjang Akhir Pekan Ini

KCIC menerapkan skema tarif tiket dinamis pada long weekend ini.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024