VIDEO: Wisata Kemiskinan di Jakarta

Ilustrasi Kemiskinan, Penghuni Pinggiran Rel Kereta Api
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Pada umumnya, orang akan berpikir dua kali untuk berkunjung ke tempat kumuh, apalagi untuk tujuan wisata. Namun tidak demikian halnya dengan sejumlah wisatawan dari Amerika. Keluarga kecil ini sengaja datang ke pemukiman kumuh di Jakarta untuk melihat sisi lain dari Indonesia.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Alex, turis asal Boston itu menganggap kunjungan ini unik, menarik dan menghargai perjuangan kaum pinggiran, sebab orang-orang itu terlihat bahagia meski serba kekurangan.

Para turis mengunjungi sejumlah tempat pemukiman kumuh yang ada di sekitar pasar ikan, Luar Batang, Jakarta Utara. Mereka tidak hanya sekadar berkunjung, tapi juga berinteraksi bahkan berbincang-bincang dengan warga setempat. Lihat videonya di sini

Di kawasan Luar Batang memang banyak berdiri rumah semi permanen yang dihuni ratusan orang dengan berbagai pekerjaan, seperti kuli, buruh, nelayan hingga ibu rumah tangga.

Sejumlah warga, terutama anak-anak nampak antusias dengan kehadiran turis-turis ini sehingga mereka asyik bernyanyi bersama. 

Pendiri Jakarta Hidden Tour, Ronny Poluan, mengatakan  paket wisata ini merupakan satu perjalanan budaya atau sosial kemanusiaan supaya orang bisa melihat Jakarta secara luas dan apa yang sesungguhnya ada di Ibukota. "Kami ingin menawarkan sesuatu yang berbeda dan mengangkat realitas dan sisi lain Jakarta," ucapnya.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Wakil Ketua Umum Golkar mengatakan bahwa tak boleh ada pembatasan dalam membentuk kabinet, karena merupakan hak prerogatif presiden.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024