DKI Sebar 110 Motor Pemadam Kebakaran

Motor pemadam kebakaran
Sumber :

VIVAnews - Kebakaran sering melanda pemukiman padat penduduk di Jakarta. Repotnya jalan menuju pemukiman itu sering kali penuh, juga sempit. Mobil-mobil pemadam kebaran sering kali susah masuk. Itu sebabnya, pemerintah DKI Jakarta, kini menyebar 110 sepeda motor pemadam kebakaran (fire Motor). Motor pemadam itu akan dibagikan untuk 55 kelurahan rawan kebakaran di seluruh Jakarta.

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah

Meski tidak sebesar mobil pemadam, sepeda motor ini didandani sedemikian rupa sehingga mampu mengangkut air dalam jumlah besar. Satu sepeda motor pemadam kebakaran dilengkapi tangki yang dapat menampung 500 liter air. Dengan membawa air sebanyak itu, sejumlah sepeda motor bisa keluar masuk kawasan yang dilalap api.

Dengan membagikan motor itu kepada setiap kelurahan, diharapkan warga bisa melakukan upaya pemadaman lebih dini, ataupun jika apinya sudah membesar, motor itu bisa menghadang api membesar, sembari menunggu mobil pemadam.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Selain mampu menjangkau kawasan padat penduduk dan gang-gang sempit, motor ini diharapkan mampu menjangkau kawasan wisata, dan sejumlah tempat umum atau perumahan yang sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran.
"Kinerja petugas diharapkan dapat maksimal saat melakukan pemadaman," kata Gubernur Fauzi Bowo.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar dan PB DKI Jakarta, Paimin Napitupulu menjelaskan, motor pemadam api ini bukan motor biasa. Dalam satu unit motor terdiri 20 item alat pendukung pemadam api.

Seperti pompa jinjing, satu lot karoseri tangki air berkapasitas 500 liter air dan foam, satu roll selang berdiameter 2,5 inci dengan 20 meter, kampak personel, 2 buah water proof flash light dan satu buah toa dan sirene.

Pengadaan fire motor ini telah dilakukan pada tahun 2011 dengan alokasi anggaran sebesar Rp31 miliar. Namun dalam pelaksanaannya, dana yang terpakai hanya Rp 23 miliar. Dengan rincian per unitnya mencapai harga Rp260 juta.

"Motornya hanya Rp30 juta. Tapi yang mahal peralatan pemadamnya," kata Paimin, Selasa 24 April 2012.

Motor pemadam ini merupakan solusi untuk mengatasi kebakaran di kawasan padat penduduk. Selain efektif, fire motor dinilai lebih efisien dibanding harus membeli helikopter.

Ammar Zoni

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Mumpung Ramadan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024