Penerbit Akan Revisi Buku 'Istri Simpanan'

Buku pelajaran SD berisi "Bang Maman Istri Simpanan"
Sumber :
  • VIVAnews/Luqman Rimadi

VIVAnews - CV Media Kreasi, penerbit buku bacaan Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta menyadari kekeliruannya dalam menyajikan bacaan untuk siswa Sekolah Dasar.

Haryanto, pemimpin CV Media Kreasi menyatakan, buku tahun ajaran 2011-2012 itu pun hari ini sudah mulai ditarik dari peredaran. Pihaknya telah mencetak 5.000 eksemplar dan sudah disebar ke pasaran.

"Adapun bacaan cerita Bang Maman dari Kali Pasir itu sendiri tercantum atau masuk dalam Kompetensi Dasar Muatan Lokal Mata Pelajaran PLBJ di Wilayah DKI Jakarta, sehingga harus kami penuhi dan tampilkan," jelasnya kepada VIVAnews, Jumat 13 April 2012.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Salah satu cerita yang berjudul 'Bang Maman dari Kali Pasir' mengisahkan tentang istri simpanan. Karena materinya itu dinilai tidak layak untuk siswa kelas 2 SD, banyak orangtua yang protes. Sebagai penerbit, dia pun merasa bertanggungjawab dan siap merevisi isi materi bacaan buku tersebut.

Berikut tanggapan dan permohonan maaf CV Media Kreasi atas buku terbitannya:


TANGGAPAN DAN PERMOHONAN MAAF
CV MEDIA KREASI


    Menanggapi kritikan dari masyarakat, perihal materi bacaan dalam Buku PLBJ Kelas 2B (halaman 30) terbitan Media Kreasi dalam kisah Cerita Bang Maman dari Kali Pasir, kami selaku TIM Redaksi CV MEDIA KREASI mohon maaf, karena kekurangtelitian kami dalam menyampaikan materi bacaan yang layak untuk siswa kelas 2 SD.
    Pada buku terbitan CV MEDIA KREASI pada buku PLBJ 2B pada bab 11. Bang Maman dari Kali Pasir tertulis: “ ... Akhirnya Bang Maman meminta bantuan kepada Fatme supaya berpura-pura menjadi istri simpanan Salim ...”. Seharusnya kata simpanan tidak perlu ditulis sehingga cukup: “... Akhirnya Bang Maman meminta bantuan kepada Fatme supaya berpura-pura menjadi istri Salim ...”.
Adapun bacaan Cerita Bang Maman dari Kali Pasir itu sendiri tercantum/masuk dalam Kompetensi Dasar Muatan Lokal Mata Pelajaran PLBJ di Wilayah DKI Jakarta, sehingga harus kami penuhi/tampilkan.
    Sehubungan dengan hal tersebut, kami dari CV MEDIA KREASI saat ini telah melakukan koordinasi dengan penyalur kami agar terhitung mulai hari Jumat, 13 April 2012 dapat melakukan penarikan. Untuk selanjutnya, kami akan melakukan revisi atas naskah bacaan tersebut.
    Kami ucapkan terima kasih atas teguran/kritikan pada kami, semoga pengalaman ini dapat lebih memacu kami dalam mencetak buku-buku yang lebih berkualitas di kemudian hari.

                                Pimpinan CV MEDIA KREASI

                                                  ttd

                                              Haryanto


MK Sebut Sidang Sengketa Pileg Dimulai 29 April 2024
Wakil Menteri Luar Negeri, Turki Ahmet Yildiz

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

Wakil Menteri Luar Negeri, Turki Ahmet Yildiz, mengutuk tindakan Israel di Gaza dan menyerukan tindakan tegas internasional untuk mengatasi krisis yang sedang berlangsung

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024