Cerita Tentang Istri Simpanan di Pelajaran SD

Anak sekolah
Sumber :
  • ANTARA/ Anang Budiono

VIVAnews - Sejumlah orangtua kelas 2 di Sekolah Dasar di kawasan Jakarta Timur, kaget saat melihat buku pelajar anak mereka yang bercerita tentang istri simpanan yang sebenarnya tidak lazim dibaca anak-anak.

Seperti disampaikan Intan Budi Utoyo, orangtua dari Adivia Hana, cerita yang tidak pantas itu berjudul 'Bang Maman dari Kali Pasir' yang ada dalam pelajaran Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta terbitan PT MK.

"Saya kaget, anak saya tanya. Mamah, istri simpanan itu apa?" katanya kepada VIVAnews, Kamis 11 April 2012.

Pertanyaan mengenai istri simpanan muncul saat Intan meminta anaknya membaca buku pelajaran itu sebagai persiapan untuk melaksanakan ujian yang dilakukan hari ini.

"Saya minta Hana untuk baca, karena seluruh pertanya ujian ada di situ. Saya kaget, dan saat dibaca teliti memang ada soal istri simpanan," katanya.

Alasan Filsafat Harus Lahir di Yunani Bukan di Negeri Lain

Intan menjelaskan, kasus ini sudah menjadi bahan perbincangan seluruh orangtua wali murid. Dan dalam waktu dekat ini, kasusnya akan dibicarakan kepada pihak sekolah.

"Orangtua tentu jadi kaget. Nanti dikiranya itu budaya Jakarta, dan punya istri simpanan," katanya.

Postingan Terbaru Lee Jae Wook Usai Putus dari Karina aespa Jadi Sorotan

"Bang Maman dari Kali Pasir"

Bang Maman adalah pedagang buah di Kali Pasir. Bang Maman mempunyai anak perempuan bernama Ijah dan berkata ingin menjodohkannya dengan Salim anak Pak Darip orang kaya di Kali Pasir. Tak lama setelah Salim dan Ijah menikah, Pak Darip meninggal dunia. Pak Darip meninggalkan harta warisan berupa kebun yang sangat luas kepada Salim.

Salim tidak bisa mengurus kebun peninggalan ayahnya, dan minta Kusen mengurusnya. Istri Kusen mempunyai rencana jahat, dia meminta suaminya menjual kebun Salim. Setelah kebun dijual mereka melarikan diri. Salim menjadi miskin, harta warisan ayahnya sudah habis. Akhirnya Salim berjualan buah di pasar.

Bang Maman mengetahui Salim telah jatuh miskin. Bang Maman ingin Ijah bercerai dengan Salim, karena Salim telah jatuh miskin. Ijah tidak mau, biar miskin Ijah tetap setia kepada Salim.

Akhirnya Bang Maman meminta bantuan kepada Patme supaya berpura-pura menjadi istri simpanan Salim. Patme setuju atas permintaan Bang Maman. Kemudian Patme datang ke rumah Salim dan berbicara dengan Ijah. Patme mengaku sebagai istri Salim. Patme dan Ijah bertengkar. Ijah merasa kecewa dan marah kepada Salim.

Kemudian Salim memberikan penjelasan kepada Ijah, namun Ijah tidak percaya. Akhirnya Salim pergi meninggalkan Ijah.

Suatu hari Ijah berkenalan dengan Ujang. Ujang Adalah seorang perampok yang sudah lama dicari polisi. Dengan menyamar seperti orang kaya Ujang datang melamar Ijah. Lamaran Ujang diterima dan akhirnya Ujang dan Ijah menikah.

Pada saat pernikahan berlangsung datanglah polisi menangkap Ujang dan gentong. Mereka sudah lama dicari polisi karena sebagai perampok. Namun Ijah tidak tahu kalau mereka sebagai perampok. Mereka akhirnya dibawa ke kantor polisi dan Bang Maman sebagai saksi.

Polisi minta agar semuanya tenang. Dijelaskan oleh polisi bahwa yang ditangkap itu adalah buronan. Mereka ditangkap karena sering berbuat jahat. Mereka suka merampok dan menipu. Akhirnya pesta perkawinan berangsur-angsur bubar.

(umi)

Sebelum Gantung Diri, Meli Joker Sempat Minum Cairan Pembersih Lantai
VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

Alasan Yordania dan Arab Saudi Justru Bantu Israel Lawan Serangan Udara Iran

Konsulat Iran di Damaskus diserang Israel, Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal menuju Israel. Namun, Yordania dan Arab Saudi tampaknya menjegal serangan itu.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024