METRO

Geng Motor Kian Brutal, Hindari Lokasi Ini

Polisi mencatat beberapa jalan di Jakarta kerap dijadikan lokasi balap liar.
Selasa, 10 April 2012
Oleh : Desy Afrianti, Siti Ruqoyah
Keramaian Sepeda Motor

VIVAnews - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat beberapa jalan di Jakarta kerap dijadikan lokasi balap liar. Aksi balap liar ini biasanya dilakukan malam hari dan ramai saat akhir pekan.

Kepala Bagian Pembinaan dan Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Budiyanto menyebut untuk di Jakarta pusat yang sering digunakan yakni di kawasan Jalan Benyamin Sueb- Kemayoran, Jalan Pramuka, Jalan Asia Afrika, dan Jalan KH Mas Mansyur.

Sementara, di Jakarta Utara, lokasi yang rawa adalah Kawasan Danau Sunter. Sedangkan di Jakarta Barat di Jalan Raya Panjang dan Cengkareng. "Jakarta Timur ada di Kawasan Taman Mini serta Duren Sawit. Jakarta Selatan di Jalan TB Simatupang. Ini kawasan paling rawan yang kami dapatkan datanya," ujar Budiyanto, Selasa 10 Maret 2012.

Setiap akhir pekan malam, lanjut dia, kepolisian meningkatkan patroli di lokasi tersebut. Anggota yang sedang piket seperti patroli pengawalan dan penegakan hukum juga diikutsertakan dalam pengamanan yakni sebanyak 20 personel.

"Jika memang terbilang rawan maka jumlahnya ditambah. Tetapi apabila memang masih terkendali maka personelnya juga tidak terlalu banyak," kata dia. Polisi akan memberlakukan cara persuasif serta edukatif. Bila dua cara ini tidak digubris maka akan ditilang.

Sebelumnya, salah satu kelompok motor mengamuk dan mengeroyok seorang pengendara motor di Jalan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (7/4) dinihari.

Aksi pengeroyokan menewaskan Soleh, 17, dan melukai tiga rekannya, yakni Zaenal,19, Reza, 16 dan Ardian, 19. Mereka dikeroyok usai menonton balapan liar.

Kekerasan anggota geng motor terhadap kelompok lainnya kembali terjadi di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu 8 April 2012.

Para pelaku mengeroyok lima orang dan membakar sepeda motor Yamaha Cripton bernomor polisi B-3186-PX. Kelima korban yang mengalami luka tusuk senjata tajam, yakni Muhammad Syarif, Mul, Fajri, Caesar dan Reza Palupi. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found