Cagub Gagal Tes Kesehatan Bisa Diganti

Ruangan tes kesehatan calon presiden di RSPAD Gatot Subroto
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang tidak lolos tes kesehatan hari ini dapat digantikan posisinya oleh calon lain. Dengan begitu partai tidak perlu mengundurkan diri dari ajang pilkada.

Penjelasan ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Juri Ardianto, saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin 9 April 2012.

"Jika ada calon yang tidak lolos bisa diganti, karena partai tidak boleh mengundurkan diri. Begitu juga dengan calon independen, bisa diganti," kata Juri.

Apabila ada calon yang gagal tes kesehatan, KPU DKI akan mengirimkan surat kepada tim sukses masing-masing calon untuk mencari penggantinya.

"Bisa diganti jika salah satu persyaratan itu tidak memenuhi. Kita masih punya waktu untuk memberi tahu timses, karena pengumuman masih tanggal 10 Mei 2012," ujarnya.

Hasil tes kesehatan hari ini tidak akan diumumkan. KPU akan mengikuti saran dokter yang menjalani proses pemeriksaan kesehatan seperti untuk calon presiden.

Mengenai biaya pemeriksaan, Juri memastikan bahwa cagub dan cawagub tidak akan dibebankan biaya pemeriksaan. Anggaran ini ditanggung sepenuhnya oleh KPU DKI.

"Besarannya tergantung biaya yang direkap oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI)," katanya.

Pemeriksaan kesehatan cagub dan cawagub telah dilakukan sejak pukul 07.00 WIB tadi, sesuai jadwal, pasangan dari jalur independen Faisal Basri-Biem Benyamin mendapat kesempatan pertama untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kemudian  pasangan Hendardji Soepandji-Achmad Riza Patria, Alex Noerdin-Nono Sampono, Joko Widodo (Jokowi) -Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Nara), dan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini.

Dalam tes tersebut yang diperiksa adalah kemampuan calon apakah sanggup menjalankan tugas baik secara jasmani maupun kejiwaannya. Faktor yang dapat menggugurkan dalam tes kesehatan jika terdeteksi penyakit berat, atau ada organ tubuh yang sudah tidak berfungsi sama sekali. (umi)

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat
Ilustrasi Anak Bermain di Playground

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Playground memberikan ruang bagi anak-anak untuk bergerak, berlari, dan bermain secara bebas, yang merupakan aspek penting dalam perkembangan fisik mereka.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024