Yang Unik dalam Demo Jalan Diponegoro

Aksi Demo Tolak BBM Ricuh di Monas-Gambir
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ada yang unik di tengah aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan para mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMNI), di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat 30 Maret 2012. Sejumlah pejalan kaki dan pesepeda membawa poster "Trotoar Untuk Pejalan Kaki" dengan berjalan di trotoar jalan protokol itu.

Mereka adalah sejumlah anggota lembaga swadaya masyarakat dari Komite Penghapusan Bensin Bertimble (KPBB). Salah satu peserta aksi, Laily Fitiria mengaku, aksi tersebut ditujukan untuk mengingatkan semua pihak, bahwa trotoar difungsikan bagi pejalan kaki. "Untuk ingatkan pemotor juga. Karena biasanya pemotor naik ke atas trotoar," kata Laily kepada VIVAnews.

Seringnya pemotor yang naik ke atas trotoar, meski keadaan jalan sedang macet, telah mengganggu para pejalan kaki. "Yang saya perhatikan, pemotor naik ke trotoar di Semanggi, Jatinegara, dan HI," katanya.

Ia pun berharap, dengan aksinya ini, para pemotor dapat lebih sadar lagi akan fungsinya trotoar dibuat.

Aksi jalan kaki dan bersepeda yang dilakukan Laily dan kawan-kawan ini dimulai dari Bundaran HI sampai RS Saint Caroulus, Jakarta Pusat. "Setiap Jumat kita lakukan aksi ini," kata perempuan berjilbab ini.

Aksi ini sempat menjadi perhatian para warga sekitar yang sedang menyaksikan jalannya unjuk rasa mahasiswa GMKI yang sedari tadi membakar sejumlah potongan kayu dalam menuntut pemerintah tak menaikkan harga BBM.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024