METRO

Alex: Gubernur di Daerah Lebih Sulit dari DKI

"Kalau gubernur DKI Jakarta belum tentu bisa jadi gubernur di daerah lain."

ddd
Jum'at, 23 Maret 2012, 17:30
Alex Noerdin-Nono Sampono Daftar ke KPUD
Alex Noerdin-Nono Sampono Daftar ke KPUD (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Calon gubernur yang diusung Partai Golkar, Alex Noerdin, menepis anggapan bahwa pencalonan dirinya sebagai gubernur DKI Jakarta untuk mengincar jabatan. Ia justru mengatakan, menjadi gubernur di daerah lebih susah daripada di Jakarta.

"Jakarta ini etalase dunia. Kalau Jakarta tidak beres, maka tidak akan dihargai, karena itu saya merasa terpanggil," ujar Alex Nurdin ketika berbincang dengan VIVAnews.com di Jakarta, Jumat 23 Maret 2012.

Ia juga mengatakan, karena undang-undang otonomi daerah, menjadi gubernur di daerah lebih sulit daripada menjadi gubernur di DKI Jakarta. "Kasus di Sumsel, ada 11 kabupaten, 4 walikota. Bupati dan walikotanya punya otoritas sendiri, ia bisa tidak tunduk pada gubernur, kalau dia mau lawan, bisa saja," kata Alex.

Berbeda dengan gubernur DKI Jakarta yang mempunyai otoritas yang lebih tinggi dibanding gubernur di daerah. "Kalau Jakarta itu punya 5 walikota administrasi dan 1 bupati, kalau tidak berkenan, gubernur bisa berhentikan walikota sehari tiga kali," kata Alex.

Karena pengalamannya beberapa periode menjadi bupati dan gubernur di daerah itu lah, ia mengaku mampu berkoordinasi dengan bupati ataupun walikota yang wilayahnya bertetangga dengan DKI Jakarta.

"Dalam mengatasi masalah banjir, sampah, dan macet di DKI Jakarta, butuh koordinasi dengan kota dan kabupaten yang bersebelahan dengan Jakarta," kata dia. "Kalau kami sudah berpengalaman koordinasi dengan bupati dan gubernur antar gubernur."

Karena itu, ia mengatakan, seseorang yang telah menjadi gubernur di daerah mampu untuk menjadi gubernur di Jakarta. "Ya, kalau gubernur DKI Jakarta belum tentu bisa jadi gubernur di daerah lain," kata Alex. (art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
rezqitryarisman
04/05/2012
apabedanya klo gendut sama kurus??? SBY gendut yang koment gendut atau kurus??? klo memang gk suka gk usah milih ajah dia, karena akan menysahkan kamu sendiri ... so apakah kamu udah ada pengalaman kepemimpinan???
Balas   • Laporkan
donilesmana
19/04/2012
aduh lagi-lagi omongannya penuh kesombongan. daerah dan jakarta tidak bisa disamakan, karena tentu persoalannya berbeda.
Balas   • Laporkan
rezqitryarisman | 04/05/2012 | Laporkan
jakarta juga daerah, karena kmu bilang kyk gitu mlah kmu yg sombong kali?? jakarta ibu kota tidak bisa hidup karena daerah... asal tw ajah daerah lain hidup miskin karena ibu kota yang menyerap uang banyak mangkanya banyak ormas2 daerah lain mempelopori p
anaktoba
24/03/2012
terbayang orang gendut begini..harusnya kalau sibuk dan banyak pikiran sih gak gitu ya..ini mungkin cuma duduk makan aja kayaknya..mari dukung Jokowi biar Jakarta beres.
Balas   • Laporkan
tai_katak | 26/03/2012 | Laporkan
s7 bro. lhat pmimpin jpng rta2 krus, ksut krn bnyk brfkr kerkyt. mknya jpng mju psat. klo kta gndt, karaokean, ksnngan mllu. mknya 67 thn mrdka ya kyk gni aja bngsa kta dingra yg kaya sglnya, trmasuk kaya koruptor.
iron maiden
24/03/2012
betul, memang lebih sulit jd gubernur di daerah BUAT MAKAN UANG PROYEK krn proyeknya lebih sedikit, kalau di DKI satu masa jabatan khan ada 150 trilyun yg bisa dimakan, jd buat alex lbh mudah buat dia UTK TAMBAH GENDUT
Balas   • Laporkan
tai_katak | 26/03/2012 | Laporkan
ya... mdh2an gndtnya tdk smpai jntngan.
jhonmacho
23/03/2012
kalo udah tau ngapain nyalonin jadu gub DKI??? mendingan jualan mpek mpek aja deh sana!!
Balas   • Laporkan
tai_katak | 26/03/2012 | Laporkan
bro, msk gk tau aja. yg nyalonin pstilh org2 yg mau mlstrikan group/kerajaan korup di indonesia.
boyjadul
23/03/2012
Betul Pak Alex... pengalaman anda membuktikan bahwa ketika menjabat bupati anda tidak patuh pada Syarial Oesman sebagai gubernur sumsel... anda sepertinya cerita tentang diri sendiri... mantap lg kalo mau mundur gub sumsel untuk calon DKI
Balas   • Laporkan
tai_katak | 26/03/2012 | Laporkan
brshkan dulu crita kotor ttg fee wsma atlet, sblum brngkat ke jkrta.


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id