Alasan PDIP Pilih Jokowi "Anak Desa Solo"

Walikota Solo, Joko Widodo
Sumber :
  • Fajar Sodiq| Solo

VIVAnews -- Diusungnya Joko Widodo sebagai Cagub dari PDIP menurut ketua DPP PDIP, Effendi Simbolon merupakan suatu fenomena baru dalam dunia politik di Indonesia.

"Ini fenomena baru, seorang anak desa dari Solo, mungkin saja ini bisa beri arti, seorang Gubernur tidak harus dari orang pendidikan tinggi, yang penting integritas, jati diri, karakter," kata Effendi dia, Minggu 18 Maret 2012. "Itu yang kami lihat dalam diri Jokowi"

Di mata Effendi, Jokowi adalah seorang yang memiliki karakter dan mempunyai visi dan misi yang jelas dan telah terbukti.

"Model pemerintahan di Solo akan ia bawa, tidak kedepankan kekuatan pamong praja dengan senjata seperti militer, semoga saja sosok ini memberikan harapan baru bagi masyarakat Jakarta," kata Effendi.

Rencananya Jokowi dan pasangannya  yang belum ditentukan hari ini akan mendaftarkan diri ke KPUD pada esok hari. "Semoga secepatnya pagi sudah ke luar nama pasangan Jokowi, dan setelah itu akan langsung mendaftar ke KPUD," kata Effendi.

Seperti apa sosok Wagub yang diidamkan olehnya, Effendi mengatakan Ia harus sosok yang sama- sama berkarakter dan visi misi yang berkualitas. "Yang sama integritas dan berkualitas, Ia harus punya visi kembangkan kota megapolitan yang pluralistik,"

Mengenai siapa yang akan menjadi pesaing terberat Jokowi pada Pilkada nanti, Effendi menyebutkan nama Fauzi Bowo yang akan diusung oleh Partai Demokrat. "Pastinya Incumbent, ia punya perangkat jaringan yang kuat," kata Effendi.

Sebelumnya disebutkan, nama Jokowi merupakan suara terbanyak yang berasal dari DPC sampai ranting dan organisasi sayap PDIP di DKI Jakarta. Ia juga mengatakan, bahkan Megawati sendiri sebagai Ketua Umum telah sepakati pencalonan Jokowi. (sj)

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya
 Ilustrasi sedekah

Inspirasi Membantu Sesama

"Kami berharap kegiatan ini tak hanya menjadi sekadar acara, tetapi juga menjadi momentum untuk menginspirasi orang lain agar turut berpartisipasi dalam membantu sesama."

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024