PDIP Resmi Usung Jokowi

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akhirnya secara resmi mengusung Walikota Solo, Joko Widodo, sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Jokowi, seperti disampaikan Ketua DPP PDIP Effendi Simbolon, adalah aspirasi pendukung PDIP.

"Telah ditetapkan, Pak Jokowi sebagai calon yang kami usung untuk Pemilihan Gubernur nanti," kata Effendi di Jakarta, 18 Maret 2012.

Effendi mengatakan, nama Jokowi merupakan suara terbanyak yang berasal dari DPC sampai ranting dan organisasi sayap PDIP di DKI Jakarta. Ia juga mengatakan, Megawati sendiri sebagai ketua Umum telah sepakati pencalonan Jokowi.

"Itu chemistry yang terbuka, di akar rumput sampai dengan pimpinan tertinggi telah menyatu antara keinginan batin dan logika," kata Effendi menyampaikan usai Rapat Kerja Daerah Khusus PDIP Jakarta di Tebet.

Mengenai calon Wakil Gubernur yang akan mendampingi Jokowi, Effendi masih belum bisa menyebutkan. PDIP masih dalam proses penyerapan aspirasi dari pimpinan cabang dan DPP. "Untuk wakilnya besok pagi mungkin sudah bisa disebutkan. Mudah-mudahan tidak terlalu lama, besok sudah ditetapkan untuk maju."

Apakah untuk posisi wakil PDIP akan mengusung kader internal atau dari luar, Effendi belum bisa memastikan, namun ia mengatakan, banyak nama- nama dari internal partai yang ditawarkan. "Ada yang sering di sebut, semua yang pernah mendaftar kami coba tawarkan," kata Effendi.

Apakah calon yang dusulkan Gerindra, Basuki Tjahaya Purnama alis Ahok, yang akan mendampingi Jokowi? Effendi mengatakan peluang itu masih terbuka. "Tidak disebutkan nama Ahok tadi ketika Rakerda, namun kami terbuka saja. Bagi kami ini sangat dinamisĀ  cepat sekali dinamikanya kadang melebih kecepatan waktu," katanya. (sj)

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024