Mahasiswa dan Polisi Bentrok di Jalan Salemba

Demo Ricuh Di UKI
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Puluhan mahasiswa Universitas Kristen Indonesia yang menggelar aksi unjuk rasa di depan kampus mereka di kawasan Jalan Salemba, Jakarta Pusat, terlibat aksi saling lempar dengan polisi yang melakukan pengamanan, Rabu 14 Maret 2012.

Bentrok antara petugas dan mahasiswa terjadi saat aksi yang digelar untuk menolak kenaikan harga bahan bakan minyak (BBM) subsidi, akan dibubarkan paksa oleh petugas sekitar pukul 16.30 WIB.

Lima petugas dari Polres Jakarta Pusat yang datang menggunakan pengeras suara untuk mengimbau agar aksi dilakukan di dalam kampus malah dilempari mahasiswa.

Hingga saat ini aksi saling lempar masih terjadi. Mahasiswa tetap beratahan di depan kampus mereka, sementara petugas berusaha membubarkan aksi ini dengan menembakan gas airmata.

Dari pantuan VIVAnews, sudah delapan tembakan gas airmata diarahkan ke kerumunan mahasiswa untuk membubarkan aksi unjuk rasa ini. Namun mahasiswa terus saja meneriakkan kata-kata revolusi.

Mahasiswa kembali melempari petugas dengan batu saat salah satu pengunjuk rasa ditangkap. Guna menahan gerak mahasiswa, dua tembakan gas airmata dilontarkan kembali untuk memaksa mahasiswa masuk ke dalam kampus. Hingga kini sudah tiga mahasiwa yang ditangkap.

Akibat kejadian ini, kawasan jalan di Diponegoro mengalami kemacetan total karena ditutup sementara. Kendaraan sementara ditahan agar tidak terkena batu dari aksi saling serang antara puluhan mahasiswa dan seratus petugas yang melakukan pengamanan. (umi)

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024