Awas, 700 Perlintasan Kereta Tanpa Palang

KRL Bogor-Kota
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - PT Kereta Api (KA) mencatat di Jakarta sedikitnya terdapat 700 perlintasan kereta tanpa dilengkapi palang pintu.

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

Senior Manajer Humas PT KA Daop 1 Jakarta, Mateta Rijalulhaq, mengatakan, dari jumlah itu, sebagian besar kondisinya sangat memprihatinkan, karena tidak dijaga oleh petugas. "Sehingga rawan terjadi kecelakaan," kata Mateta kepada VIVAnews.

Dia menyebut, di Jakarta terdapat 160 perlintasan yang dijaga petugas. Menurut dia, selain meresahkan warga, perlintasan kereta tanpa palang pintu juga menjadi perhatian PT KA. Sebab dapat menghambat laju kereta yang berujung pada keterlambatan jadwal.

Mateta mengungkapkan, masalah perlintasan ini bukan sepenuhnya tanggung jawab PT KA. Tapi, juga kewenangan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

"Kecelakaan kereta dengan pengendara masuk dalam kategori kecelakaan lalu lintas, bukan kecelakaan kereta. Dalam kasus seperti ini, kami hanya memantau keselamatan penumpang kereta dan kelaikan pengoperasian," ucap dia. 

Menurut dia, hal itu diatur dalam undang-undang lalu lintas, bahwa kereta api mendapat prioritas perjalanan. "Pengguna jalan raya wajib berhenti sesaat untuk meyakinkan jalur kereta api aman," ujar Mateta.

Seperti diketahui, pada Selasa 6 Maret 2012, sebuah mobil tertabrak KRL Commuter Line di perlintasan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Berat. Meski tidak ada korban jiwa, tiga orang mengalami luka-luka.

Keesokan harinya di lokasi yang hampir berdekatan, mobil dinas PLN jenis Daihatsu Xenia dengan nomor polisi B 1620 EA ditabrak oleh kereta ekonomi jurusan Tangerang-Kota. Dalam kecelakaan itu, satu orang dilaporkan tewas. (art)

Seorang wanita ngamuk ke Dishub Makassar karena mobilnya mau digembok

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Viral wanita yang mengamuk ke anggota Dishub Makassar karena tak terima mobilnya digembok usai parkir sembarangan. Dishub Makassar beberkan kronologi insiden tersebut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024