METRO

Pelaku Ketujuh Perampokan Toko Emas Dibekuk

Peran pelaku yang diamankan yakni sebagai perantara antara pelaku lain dengan penadah emas

ddd
Senin, 5 Maret 2012, 20:57
Polisi gelar bukti perampokan toko emas
Polisi gelar bukti perampokan toko emas (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews -  Aparat kepolisian kembali menangkap pelaku perampokan yang empat toko emas di pasar Ciputat, Tangerang Selatan. Kali ini peran pelaku yang diamankan yakni sebagai perantara antara pelaku lain dengan penadah emas hasil curian.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto mengatakan, satu pelaku yang berhasil diamankan adalah Sanim alias Toing. Dia ditangkap di Serang, Banteng setelah menangkap Erwanto.

"Total yang ditangkap saat ini sudah tujuh orang. Anggota masih di lapangan untuk mengejar semua pelaku," kata Rikwanto, Senin 5 Maret 2012.

Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan uang sebesar Rp30 juta dari Erwanto dan Rp40 juta dari tersangka Toing. Sementara itu, untuk peran Erwanto sendiri merupakan orang yang membantu para pelaku untuk kabur sehabis melakukan aksinya dan memikirkan jalur tempat pelarian.

"S alias T memberikan rumah penampungan, dia dapat Rp40 juta atas jaminan kemanan yang diberikan olehnya," kata Rikwanto.

Berdasarkan data yang dihimpun pihak kepolisian, kawanan perampok toko emas di Ciputat ini sebelumnya sudah dua kali beraksi di wilayah lain. Komplotan ini juga beraksi di kantor Pegadaian Purwokerto, Kabupaten Banyumas dan toko emas Rawalumbu, Bekasi. Aksinya dilakukan dalam rentang waktu yang dekat.

Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Herry Heryawan, mengatakan aksi perampokan di kantor Pegadaian yang berada di Jalan Soedirman, Purwokerto terjadi pada tanggal 22 Februari 2012 dinihari. Ketika itu, komplotan ini menggasak tujuh buah handphone berbagai merek dan uang tunai Rp 700.000. Para pelaku sempat menodongkan senjata api ke petugas jaga.

Sehari setelah itu, tanggal 23 Februari 2012 pagi, kelompok ini beraksi di toko emas Sinar Jaya di Jalan Dasa Dharma, Rawalumbu, Kota Bekasi. Para perampok menyikat sebuah tas yang berisi emas yang ditaksir bernilai ratusan juta rupiah yang ada di toko itu.

Kurang puas dengan hasil yang didapat, Muhamad Ibrahim alias Wongso dan kawan-kawan merampok empat toko emas di Pasar Ciputat. Emas yang mereka gasak kurang lebih 9-10 kilogram atau senilai miliaran rupiah.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
lukmananasmks
06/03/2012
hukum saja pak, itu pencuri emasnya..bila perlu beri makan aja emas batangan di dalam sel, supaya tobat pelakunya..good job pak polisi..
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id