Menara Jakarta

Menara Tertinggi Dunia Dibangun di Kemayoran

VIVAnews - Menara Jakarta segera menggeser citra Monumen Nasional sebagai ikon Ibu Kota. Menara setinggi 558 meter itu tengah dibangun di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Tingginya mencapai empat kali lipat tinggi Monas.

"Menara ini diproyeksikan menjadi yang tertinggi di dunia," kata Roesdiman Soegiarso, Direktur PT Prasada Japa Pamudja, pengembang Menara Jakarta, saat berbincang dengan VIVAnews awal pekan ini, 11 Februari 2009.

Di dunia arsitek, kata Roesdiman, perlu dibedakan antara tower dan building. Tower adalah menara, yang mana titik tertinggi belum tentu dapat dihuni. Sedangkan building adalah bangunan, yang mana titik tertinggi dapat dihuni, berupa kantor, hotel, atau pertokoan. "Menara Jakarta adalah kombinasi keduanya," ujarnya.

Menara ini akan mengalahkan Canadian National Tower di Toronto, Kanada (553 m), Oriental Pearl Tower di Shanghai, China (460 m), dan Kuala Lumpur Tower di Kuala Lumpur, Malaysia (421 m). Saat ini, menara tertinggi di dunia dipegang CN Tower Kanada. Sedangkan rekor bangunan tertinggi dipegang Burj di Dubai setinggi lebih dari 800 meter.

Menara Jakarta akan dikembangkan secara terpadu sebagai menara telekomunikasi dan penyiaran multi fungsi. Menara ini akan menjadi pusat pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan teknologi tinggi.

Sebagai ikon Ibu Kota, menara yang ditargetkan beroperasi tahun 2012 ini juga akan dikembangkan menjadi pusat gaya hidup. Menara ini akan mengintegrasikan aspek teknologi, hiburan, pendidikan pariwisata dan perdagangan.

Rencananya, menara ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti anjungan pengunjung, tempat parkir seluas 144 ribu meter persegi, gedung podium 17 lantai, restoran berputar, mal, kafe, taman hiburan, museum sejarah Indonesia, hotel, ruang pameran, dan pusat multimedia.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Menaker Ida Menuturkan Transformasi BLK Tingkatkan Kualitas Pelatihan Vokasi

Salah satu program terpenting dalam memperbaiki ekosistem ketenagakerjaan secara keseluruhan adalah dengan melakukan transformasi Balai Latihan Kerja (BLK).

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024