Tiga FPI Tersangka Perusakan di Kemendagri

Pos di Kemendagri dirusak Forum Umat Islam
Sumber :
  • VIVAnews/Luqman Rimadi

VIVAnews - Penyidik Polda Metro Jaya telah menetapkan tiga simpatisan Front Pembela Islam (FPI) sebagai tersangka dalam kasus pengrusakan kantor Kementerian Dalam Negeri pada Kamis 12 Januari 2012 lalu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ketiganya telah ditetapkan sebagai tersangka karena terlibat dalam pengrusakan kantor Kemendagri saat menggelar aksi unjuk rasa penghapusan Perda Miras.

"Mereka terbukti merusak sejumlah fasilitas yang ada di kantor itu," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto di Jakarta, Kamis 16 Februari 2012.

Menurut Rikwanto, ketiganya dikatakan sebagai simpatisan dan bukan sebagai anggota FPI dikarenakan mereka tidak mempunyai kartu anggota ormas Islam itu.

"Mereka hanya simpatisan, karena tidak ditemukan kartu tanda anggota FPI," ujar Rikwanto.

Rikwanto juga mengatakan, ketiganya akan menjalani proses hukum sebagai akibat tindakannya yang melanggar hukum.  Namun, ketiganya tidak akan menjalani proses penahanan melainkan hanya menjalani prosedur wajib lapor.

"Tetapi berkas perkara atas ketiganya tetap diproses pihak kepolisian," kata Rikwanto.

Ketiga simpatisan FPI itu dikenakan ancaman penjara sesuai Pasal 170 KUHP tentang kekerasan terhadap orang atau barang secara bersama-sama di muka umum dengan ancaman pidana maksimal lima tahun enam bulan.

Seperti diketahui, Kemendagri sudah melaporkan FPI yang diduga melakukan perusakan pos keamanan dan melempar batu saat menggelar demo di depan kantor Kemendagri Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

FPI menggelar demo karena menentang 'pencabutan' sembilan Peraturan Daerah (Perda) yang melarang peredaran minuman keras.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi juga sudah melaporkan dan mengirim video kekerasan yang dilakukan FPI di Kantor Kemendagri itu. (eh)

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024