Kapolda Ancam Bubarkan Paksa Demo Buruh

Demo Buruh Memblokir Tol Cikampek
Sumber :
  • breaking news-tvOne

VIVAnews - Kapolda Metro jaya, Inspektur Jenderal Untung S. Rajab, mengancam akan melakukan pembubaran paksa bila aksi buruh yang menutup ruas tol Jakarta-Cikampek terus berlangsung.

"Kalau mau unjuk rasa harus sesuai dengan aturan hukum, ya wajar saja jalan itu kan haknya masyarakat," kata Untung di Jakarta, Jumat 27 Januari 2012.

Menurutnya aksi itu dapat menimbulkan anarkisme yang memicu kekacauan. "Ini menjurus kepada anarkisme, negara ini kan negara kita semua. Jadi kalau dipaksa perusahaan gulung tikar nanti malah tambah susah semuanya," ujarnya.

Ia berharap permasalahan antara buruh dan perusahaan dapat diselesaikan melalui jalan damai tanpa harus melakukan aksi penutupan jalan tol yang merugikan orang banyak.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

"Harus ada musyawarah, azas negara ini kan musyawarah. Kalau tidak ketemu ya lewat jalur hukum itu saja. Tidak pernah diajarkan kalau di jalan merusak- rusak," ucap dia.

Ribuan buruh Bekasi kembali melakukan aksi unjuk rasa. Mereka kembali menduduki ruas tol Jakarta-Cikampek.

Buruh yang sebagian besar menggunakan sepeda motor sudah memasuki jalan tol sejak pukul 09.30 WIB. Mereka menutup jalan di Km 31 Cikarang Barat.

Menurut petugas informasi Jasamarga, Ani, saat ini ekor kepadatan sudah sampai Pondok Gede. "Dari arah Jakarta ada dua titik, Jatiwaringin ke Bekasi Barat, dan Tambun-Cikarang," kata Ani. Sedangkan arah sebaliknya, macet mulai dari Karawang Barat sampai Cikarang Barat. "Macet dari Km44 sampai Km 31," ucapnya.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Koordinator Buruh Bekasi Bergerak Obon Tabroni, mengatakan aksi ini dilakukan sebagai bentuk kecewaan pada Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) karena sudah dua kali sepakat akan mencabut gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) soal Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Namun dua kali juga diingkari. Menurutnya massa yang diturunkan kali ini sekitar 20ribu. "Mereka konsentrasi di kawasan EJIP Bekasi, MM2100 dan Jabebaka," kata dia. (eh)

Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024