Diblokir, Tol Cikampek Dialihkan ke Cibitung

Demo RUU BPJS SJSN
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kemacetan parah masih terjadi di akses tol Jakarta-Cikampek. Sekitar 5.000 buruh melakukan penutupan jalan di Km 31 Cikarang Barat.

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing

Menurut petugas TMC Polda Metro Jaya, Brigadir Satu Aris, banyak pengemudi yang terjebak. Untuk itu dia menyarankan kepada pengendara dari Jakarta menuju Cikampek untuk keluar di pintu tol Cibitung.

"Sedangkan kendaraan dari arah Cikampek ke Jakarta diimbau keluar di pintu Karawang Timur dan Barat," kata dia kepada VIVAnews.com, Jumat 27 Januari 2012.Ā Ā Ā 

Dia mengungkapkan saat ini Kepolisian tengah melakukan negosiasi dengan para buruh supaya segera menyudahi aksinya. "Banyak pengendara protes dan meminta kami untuk segera mengatasi masalah ini," ucapnya.

Koordinator Buruh Bekasi Bergerak, Obon Tabroni, menjelaskan saat ini ribuan buruh dengan sepeda motor dan kendaran roda empat sudah memenuhi pintu tol Cikarang Barat. "Tapi situasi di lokasi masih kondusif," katanya.

Aksi itu sebagai bentuk kekecewaan atas pembatalan UMK baru di Kabupaten Bekasi sebesar Rp1,491 juta, berdasarkan keputusan PTUN Bandung.

Selain itu lanjut Obon, aksi tersebut juga sebagai bentuk perlawanan kepada Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) yang dianggap mengabaikan dua kali kesepakatan pencabutan gugatan. "Dua kali kita buat kesepakatan untuk meredam aksi, tapi dua kali juga mereka (Apindo) mengabaikannya dan tetap melanjutkan prosesnya di PTUN Bandung,ā€ terangnya.

Selain memblokir jalan tol, dalam aksi kali ini ribuan buruh juga akan melakukan rapat akbar. Rapat dilakukan di dua tempat yakni di patung kuda kawasan industri Jababeka dan di perempatan Lippo kawasan industri EJIP.

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

"Rangkaian aksi hari Jumat ini, akan kita lakukan sampai pukulĀ  17.00 WIB. Kalau masih belum ada respon, hari Senin 30 Januari 2012 kita akan kembali melakukan aksi dengan masa lebih banyak lagi," tutupnya. (umi)

Dukung pemerintah pencapaian ekonomi 2024

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Perlu adanya transformasi struktural dengan kuatkan pasar dalam negeri, sebut saja salah satunya transformasi digital untuk penguatan rantai pasok dan logistik nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024