Ribuan Buruh Juga Sweeping Perusahaan

Demo buruh di Cakung, Jakarta Utara
Sumber :
  • ANTARA/ Dhoni Setiawan

VIVAnews – Sekitar 20 ribu buruh dari berbagai serikat pekerja yang tergabung dalam wadah ‘Buruh Bekasi Bergerak,’ hari ini kembali melakukan aksi unjuk rasa. Aksi ini terkonsentrasi di beberapa kawasan industri seperti East Jakarta Industrial Park (EJIP) Cikarang, Megalopolis Manunggal (MM2100) Industrial Town Cibitung, dan Kawasan Industri Jababeka Cikarang.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan buruh atas dikabulkannya gugatan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung terhadap Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Kabupaten Bekasi. Artinya, berdasarkan putusan PTUN Bandung itu, UMK baru di Kabupaten Bekasi sebesar Rp1,491 juta per bulan, dibatalkan.

Sebelum melakukan aksi unjuk rasa, massa juga melakukan sweeping ke perusahaan-perusahaan guna mengajak buruh lainnya yang sedang bekerja, untuk ikut turun ke jalan.

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

“Sempat terjadi ketegangan saat sweeping. Tapi karena massa yang sweeping lebih banyak, mereka (buruh yang bekerja) akhirnya tidak berdaya dan bersedia ikut unjuk rasa,” ujar Obon Tabroni, Koordinator Buruh Bekasi Bergerak kepada VIVAnews, Jumat 27 Januari 2012.

Ribuan buruh yang menggunakan sepeda motor dan kendaran roda empat itu kemudian bergerak ke arah pintu tol Cikarang Barat untuk melakukan pemblokiran. “Ada ratusan polisi yang berjaga-jaga. Tapi situasi di lokasi masih kondusif,” kata Obon.

Aksi ini, terang Obon, juga merupakan bentuk perlawanan kepada Apindo yang dianggap mengabaikan dua kali kesepakatan pencabutan gugatan. “Dua kali kami buat kesepakatan untuk meredam aksi, tapi dua kali juga mereka (Apindo) mengabaikannya dan tetap melanjutkan prosesnya di PTUN Bandung,” kata Obon.

Selain memblokir jalan tol, dalam aksi kali ini ribuan buruh juga akan melakukan rapat akbar. Rapat dilakukan di dua tempat, yakni di patung kuda Kawasan Industri Jababeka, dan di perempatan Lippo Kawasan Industri EJIP.

“Rangkaian aksi hari Jumat ini akan kami lakukan sampai pukul  17.00 WIB. Kalau masih belum ada respons, hari Senin 30 Januari 2012 kami akan kembali melakukan aksi dengan massa lebih banyak lagi,” ucap Obon. (umi)

Wika Salim Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana
Lolly, anak pertama Nikita Mirzani

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Laura Meizani Nasseru Asry atau yang akrab dengan nama Lolly mencurahkan isi hatinya untuk sang ibunda, Nikita Mirzani.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024