Buruh Blokir Tol Cikampek, Macet Hingga 18 Km

Demo RUU BPJS SJSN
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Ribuan buruh memblokir jalan Tol Jakarta Cikampek saat menggelar aksi unjuk rasa menuntut kenaikan upah. Aksi penutupan jalan dilakukan buruh di Km 32 Cikarang, Jawa Barat.

Akibat aksi ini, lalu lintas dari Jakarta menuju Cikampek tak bergerak. Buntut kemacetan bahkan sudah sampai di Km 9 atau di kawasan Cikunir. Selain memblokir dengan menggunakan motor dan mobil, buruh juga menghentikan truk tangki air dan semen untuk memblokir jalan.

"Buruh menutup dua arah. Karena jumlahnya ribuan, petugas di gerbang tol tidak bisa menghalau. Mereka naik motor dan mobil," kata petugas informasi Jasamarga bernama Deni, Kamis, 19 Januari 2012.

Sementara arus kendaraan arah sebaliknya, dari Cikampek menuju Jakarta, sudah mengalami kemacetan sejak di kawasan Karawang Timur atau sekitar Km 50. Kemacetan terjadi sekitar 18 Km.

Sementara ini, arus lalu lintas untuk kendaraan dari Bandung menuju Jakarta dialihkan menuju Karawang Barat, dan melintas melalui jalan arteri.

"Buruh masuk di Km 24 kemudian dihalau, mereka masuk lagi di Km 31 dan pindah lagi di Km 32 dan 33," kata Deni lagi.

Tapi, saat ini jalur A arah Jakarta menuju Cikampek sudah mulai dibuka. Meski baru satu ruas, buruh mempersilakan kendaraan untuk melintas.

Ribuan buruh melakukan aksi untuk menuntut Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mencabut gugatan atas putusan revisi upah minimum provinsi (UMK) yang resmi dikeluarkan Pemerintah Provinsi Banten.

Sebelumnya Apindo menggugat surat keputusan revisi UMK Tangerang 2012 tentang upah sektoral. Di antaranya upah buruh menjadi Rp1.529.150 per bulan.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024