Buruh Tutup Jalan, Kawasan Ejip Bekasi Lumpuh

Aksi Demo Buruh Di DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Sekitar 20 ribu buruh melakukan unjuk rasa di kawasan Industri Ejip dan Jababeka di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Rencananya aksi mereka digelar hingga esok hari.

"Aksi ini berulang karena Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengingkari kesepakatan yang telah disetujui pada 15 Januari 2012," ujar Ketua Aksi Buruh Bergerak, Obon Tabroni, Kamis 19 Januari 2012.

Kaum buruh, lanjutnya, sudah beritikad baik untuk merundingkan kembali dengan Apindo pada Rabu malam 18 Januari 2012 di Jababeka. Namun pihak Apindo tidak datang.

Perundingan tersebut menyangkut pencabutan gugatan Apindo di Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung. Pencabutan itu adalah hasil kesepperjanjian kedua 

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

yang tertera dalam point 3 hasil perjanjian kedua belah pihak di hotel Grand Sahid Jakarta.

Obon menerangkan, dalam persidangan hari ini di PTUN Bandung, tidak ada satu pun pihak Apindo yang memberikan pernyataan mengenai pencabutan gugatan.

Karena itulah para buruh melakukan protes. Hingga siang ini kawasan Ejip sudah lumpuh total. Yang terlihat hanya massa buruh yang melakukan aksi. Tidak ada satu pun terlihat para buruh yang melakukan tugas mereka di kawasan industri tersebut.

Sebelumnya aksi demo yang hendak dilakukan 16 Januari-19 Januari 2012 batal dilaksanakan. Itu karena terjadi kesepakatan antara pihak Apindo dan para buruh pada 15 Januari 2012.

Dalam poin ketiga kesepakatan tersebut, buruh sepakat untuk membatalkan aksi mereka selama empat hari yang dimulai Senin kemarin dengan syarat Apindo akan mencabut gugatannya tentang penetapan Upah Minimum Kabupaten oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan nomor 128/G/2011/PTUN-BDG di PTUN Bandung hari ini. (eh)

Deva Mahenra dan Mikha Tambayong

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Ramadan menghadirkan kesan yang lebih mendalam saat dirayakan bersama keluarga. Namun, berbeda dengan sejumlah artis ini karena memiliki pasangan beda agama.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024