Lagi, Rampok Berpistol Beraksi di Minimarket

ilustrasi pelaku perampokan
Sumber :

VIVAnews - Minimarket 24 jam rupanya masih menjadi incaran kawanan perampok yang menggunakan senjata api. Kali ini, kawanan perampok beraksi di Circle K di Jalan Kebon Kacang IX No 21B, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Tanah Abang, Ajun Komisaris Iman Setiawan mengatakan, peristiwa perampokan tersebut terjadi pada Jumat 13 Januari 2012 tepatnya pukul 11.30 WIB. Berdasarkan keterangan saksi sementara, pelaku diduga hanya satu orang.

Kronologis perampokan, kata Iman, awalnya orang yang diduga perampok itu masuk kedalam Circle K, dia menggunakan jaket berwarna hitam, helm dan masker.

"Dia masuk layaknya pengunjung biasa ke dalam minimarket. Awalnya, pria itu berputar-putar seolah-olah mencari barang dan langsung ke arah kasir untuk membeli satu bungkus rokok," ujar Iman di Jakarta, Sabtu 14 Januari 2012.

Saat rokok tersebut sudah ditangan yang bersangkutan, bukan membayar pria itu justru menodongkan benda mirip senjata api jenis pistol ke arah kasir, yang bernama Delia dan meminta semua isi brankas.

Panik dan takut, Delia langsung menyerahkan isi brangkas senilai Rp1,3 juta. Setelah mengambil uang, pelaku langsung kabur dan penjaga kasir tersebut diancam untuk tidak teriak.

"Sekarang kami masih pengembangan untuk menyelidiki itu, kami menduga senjata yang digunakan adalah senjata mainan, " kata Iman.

Iman mengaku kesulitan untuk mengidentifikasi pelaku perampokan tersebut sebab minimarket yang dirampok itu tidak memasang CCTV.

Sebelumnya, Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Agung Budi Maryoto mengatakan pihaknya tengah menggelar operasi kilat jaya 2012. Target operasi yakni pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, pencurian kendaraan bermotor dan perampokan  pada minimarket. Meski demikian, perampokan minimarket menjadi perhatian utama saat ini.

"Operasi ini mengharuskan setiap kepolisian sektor untuk meningkatkan patroli dan kegiatan pengamanan di wilayahnya masing-masing. Terkait kasus minimarket sampai sekarang masih tahap penyelidikan, belum ada yang terungkap," jelas Agung

Khusus menggunakan senjata api, perampokan minimarket terjadi di Circle-K Jalan KS Tubun, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat, Minggu, 8 Januari 2011. Perampokan terjadi pada pukul 16.00 WIB.

Perampokan minimarket menimpa Alfamart Jombang Raya, di Jalan Jombang Raya, Kampung Pondok Pucung, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Selasa dinihari 10 Januari 2012. Kawanan rampok menggasak uang belasan juta rupiah berikut barang dagangan seperti rokok dan susu bubuk.

Aksi serupa juga terjadi di sejumlah minimarket seperti di wilayah Ciputat, Jakarta Selatan; Menteng dan Kebon Sirih, Jakarta Pusat: Ciawi dan Gunung Putri, Bogor; Pamerah, Jakarta Barat; Pulo Gadung, Jakarta Timur; Bekasi dan Depok.

Minimarket yang menjadi sasaran adalah minimarket yang buka 24 jam seperti Alfamart, Indomaret, dan Circle K. Para pelaku biasanya berkelompok dan tiba-tiba masuk ke dalam toko dengan membawa senjata api atau pun senjata tajam lalu mengancam penjaga toko yang sedang bekerja. Oleh pelaku, penjaga toko ini biasanya diikat tangan dan kakinya dengan sumbu kompor atau tali sepatu lalu disekap di ruangan. (eh)

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024