TUTUP
TUTUP
METRO

Foke: Pintu Air Jakarta Seperti Supermarket

"Sikat gigi ada, kasur ada, sudah kayak di Carrefour. Akibat perbuatan manusia."
Foke: Pintu Air Jakarta Seperti Supermarket
TImbunan sampah di sungai (doc. Pemprov DKI)

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan pintu air saat ini sudah menjadi tempat muara sampah. Menurutnya, lingkungan sudah rusak.

"Lingkungan rusak karena tangan manusia. Saat ini pintu air sudah menjadi tempat muara sampah. Makanya warga Jakarta kalau mau piknik ke pintu air Manggarai." ujar Fauzi Bowo yang sering disapa Foke saat kata sambutan peresmian Gerakan Sosial Satu Hari yg indah di sepanjang sungai Ciliwung di KPC Tanjungan Jalan Ciliwung I Cililitan, Jakarta Timur, Sabtu 31 Desember 2011.

Bagi Foke, pintu air yang sekarang menjadi muara sampah sudah sama seperti pusat perbelanjaan. "Sikat gigi ada, kasur ada, sudah kayak di Carrefour. Akibat perbuatan manusia. Niat perubahan ada di kita masing-masing," katanya.

Dia pun menyentil kebiasaan warga Jakarta yang lebih memilih buang sampah di sungai ketimbang jalan kaki 30 meter ke TPS. "Nah, kalau buang sampah di kali, kan sampah di depan rumahnya jadi enggak ada, nyangkut dah di sebelah rumah ujungnya pintu air. Nah, mampu enggak merubah sifat dan perilaku kita dari negatif menjadi positif," kata Foke.

Aktris senior dan aktivis perempuan, Niniek L Karim ingin menggugah rasa percaya masyarakat Indonesia bahwa Sungai Ciliwung bisa bersih dan memberikan manfaat. "Kegiatan membersihkan Sungai Ciliwung sudah sering dilakukan namun masih bersifat lokal dan sporadis." kata Niniek.

Di sela acara peresmian, Foke tidak mau berkomentar apa-apa ketika ditanyai program 2011 yang belum dijalankan dan akan dilanjutkan di 2012. "Jangan bertanya soal yang lain-lain dulu. Kali ini soal Ciliwung saja ya " ujar Foke.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP