Dua Tahanan Kabur, Polisi Mengaku Lengah

Ilustrasi pelaku kejahatan
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Dua tahanan Polres Bantul kabur dari selnya, Selasa, 27 Desember 2011 pagi. Keduanya kabur dengan cara merusak atap teralis besi ruang olahraga di dalam lingkup sel.

Kedua tahanan yang melarikan diri adalah Budi Santoso alias Darso, 25, warga Karangsemut, Jetis, Bantul dan Dahori, 29, warga Kuningan, Jawa Barat. Darso dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan (curas). Ancamannya sekitar 12 tahun penjara.

Satu lagi tahanan yang melarikan diri adalah Dahori yang dijerat pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Ancamannya sekitar 4 tahun penjara. Kejadian itu diketahui petugas jaga sekitar pukul 07.00 WIB.

Diduga, kaburnya dua tahanan itu murni akibat keteledoran petugas jaga rutan Polres Bantul. Sebab, tahanan di sel bisa bebas mengakses ruang olahraga dan ruang MCK di dalam lingkup rutan.

Di samping itu, selama di dalam sel, tahanan juga tidak diwajibkan mengenakan baju seragam. Alhasil, warga sekitar tidak mengenali tahanan yang kabur karena mereka keluar dengan pakaian biasa.

Ketika dikonfirmsi  Wakapolres Kompol Aap Sinwan Yasin membenarkan kejadian kaburnya 2 tahanan Mapolres Bantul. “Setelah mendapat informasi ada tahanan kabur, petugas jaga langsung mengecek,” kata Aap

Sebelum kejadian, lanjut Aap, petugas jaga rutin mengecek rutan berkala tiap satu jam berselang. Mulai pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB.

Aap juga membenarkan jika kedua tahanan itu kabur mengenakan pakaian bebas. “Kejadian ini murni karena kelengahan anggota kami,” tegas Aap.

Dua petugas jaga yang bertugas saat insiden terjadi langsung menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Bantul. Aap menambahkan, jumlah tahanan di rutan Polres Bantul sebelum kejadian berjumlah 17 orang.

Hingga kini, segenap anggota Polres Bantul terus melakukan pengejaran ke sejumlah lokasi yang diduga sebagai tempat persembunyian kedua tahanan itu. Polisi juga mengantisipasi pintu keluar DIY, meliputi terminal bus dan stasiun Kereta Api.

Laporan: Juna Sanbawa | DIY

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
Polda Bali bersama bidang metrologi dan tertib niaga Disperindag kota Denpasar sidak SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Polisi melakukan sidak ke SPBU di sekitar Denpasar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024