METRO

Tol Bocimi Ruas Ciawi-Cigombong Dibangun

Target pengoperasian akan dilakukan secara bertahap mulai dari 2014 hingga 2016.

ddd
Jum'at, 16 Desember 2011, 14:23
Pembangunan jalan tol
Pembangunan jalan tol (Antara/ R Rekotomo)

VIVAnews - Pembangunan jalan tol Bogor Ciawi dan Sukabumi (Bocimi) akan segera direalisasikan. Ada sekitar empat sesi yang akan dibangun PT Trans Jabar dengan panjang sekitar 54,4 kilomter.

Seperti disampaikan Aswan Sunyoto, Chief Komersial Trans Jabar, target pengoperasian jalan tol tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai dari 2014 hingga 2016.

Pembangunan akan dimulai dari sesi pertama sepanjang 14,6 kilometer dari Ciawi sampai Cigombong. Diharapkan akan selesai pada 2013 dan dapat dioperasikan pada Januari 2014.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua sepanjang 12,7 kilometer dari Cigombong sampai Cibadak Sukabumi. Sesi ketiga sepanjang 13,9 kilometer dari Cibadak sampai Sukabumi Barat. Kemudian sesi keempat sepanjang 13,2, dari Sukabumi Barat sampai Sukabumi Timur.

Lebih lanjut Aswan mengatakan, dana pembebasan tanah untuk pembangunan Tol Bocimi sebesar Rp100 miliar.

"Pembangunan Tol Bocimi setiap sesi memakan waktu dua tahun," kata Aswan, usai pencanangan proyek Tol Bocimi di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jumat, 16 Desember 2011.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Ciherang Pondok, Syafrudin Jefri menjelaskan, pembebasan tanah di wilayahnya sudah selesai. Saat ini tinggal persoalan teknis pembangunan saja yang belum direalisasikan. "Semoga saja pembangunan Tol Bocimi ini cepat selesai," katanya.

Pembangunan jalan tol Bocimi ini merupakan salah satu langkah untuk mengatasi kemacetan di Jalan Raya Ciawi - Sukabumi dan Puncak. PT Trans Jabar Tol, adalah perusahaan pemenang tender pengoperasian jalan tol ini selama 35 tahun sejak 2007.

PT Trans Jabar Tol Merupakan konsorsium PT Jasa Sarana Jabar bersama PT Bakrie Toll Road dan PT Bukaka Teknik Utama.

Pada 2012, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menambah anggaran untuk melakukan pembangunan sarana dan prasarana jalan. Terutama pembangunan jalan provinsi hingga 6,000 km. Jalan ini akan di fokuskan ke arah Jabar Selatan sebagai upaya membuka akses.

Laporan: Ayatullah Humaeni | Bogor, umi



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id