Tahun 2018, Ada 1.140 Kereta di Jakarta

Kereta KRL Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Kereta Api (KA) segera membangun tempat parkir kereta. Ketersediaan fasilitas ini dirasa begitu mendesak agar kereta-kereta yang akan didatangkan dari Jepang tidak terbengkalai. Beberapa titik telah disiapkan untuk dijadikan tempat parkir kereta.

"Kebutuhan parkir kereta ini sangat mendesak. Karena tiap tahun akan terus ada tambahan kereta," kata Kepala PT. KA Daops I Jakarta, Purnomo Radiq, di Jakarta, Jumat, 9 Desember 2011.

Menurut Purnomo, pembangunan tempat parkir kereta ini menjadi prioritas mengingat pada 2018 mendatang, diperkirakan akan ada 1.140 unit kereta yang tersedia di Jakarta. Dengan rincian, sekitar 160 unit kereta akan datang tiap tahun.

"Jadi dari 2012 hingga 2018, akan datang terus 160 kereta. Tidak mungkin diparkir di jalan kan kereta-kereta itu," tuturnya.

Beberapa titik yang dipersiapkan PT KA sebagai tempat parkir kereta antara lain Stasiun Bogor dengan kapasitas 70 unit kereta dan Stasiun Parung Panjang dengan kapasitas 50 unit kereta.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Selanjutnya, PT. KA akan menambah beberapa lokasi lagi yang memungkinkan untuk dijadikan parkir kereta.

"Di daerah Kota juga akan disediakan. Untuk kapasitasnya nanti disesuaikan saja," ungkapnya.

Purnomo juga memastikan tempat lain yang memungkin dijadikan tempat parkir kereta. Antara lain, stasiun yang berada di Nambo, Bogor, dengan kapasitas sebanyak 60 unit kereta. Namun hingga saat ini elektrifikasi di lokasi tersebut belum tersedia.

"Sampai saat ini kendala yang ada di lokasi tersebut adalah belum ada listrik aliran atas," tandasnya. (eh)

Endrick

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior senang dengan keberhasilan Endrick mencetak gol saat bermain imbang 3-3 dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan uji coba, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024