Anas: Jangan Sampai Bakar Diri Jadi Isu Panas

Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews -- Seorang pria misterius membakar dirinya di depan Istana Negara, Rabu 7 Desember 2011. Polisi mengatakan, tindakan nekat diduga aksi bunuh diri. Namun sejumlah pihak berpendapat, itu terkait protes pada pemerintah.

Namun apa sebenarnya motivasi di balik tindakan tersebut, belum diketahui. Sebab, sosok pria pelaku bakar diri masih terbaring tak berdaya dalam perawatan dokter. Luka bakar yang ia derita lebih dari 90 persen.

Menanggapi soal aksi dan kontroversi bakar diri itu, Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum mengatakan, saat ini yang nomor satu harus dilakukan adalah mengobati pelaku.

Soal motif, "harus diselidiki apa sesungguhnya jelas duduk perkaranya. Jangan sampai ini dimanfaatkan menjadi isu-isu yang kurang bertanggungjawab," kata dia usai memberikan penghargaan kepada pendaki tunadaksa berkaki satu, Sabar Gorky, yang telah menaklukkan dua puncak tertinggi dunia, Elbrus (Rusia) dan Kilimanjaro (Tanzania) di Kantor DPP Demokrat, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis 8 Desember 2011.

Bagaimana dengan anggapan bahwa itu bentuk protes pada pemerintah? Menurut Anas, protes adalah hal normal dalam demokrasi. "Tapi sebaiknya protes itu tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Yang penting substansinya, kalau soal kemiskinan ya sampaikan, pemerintah sekarang sudah berupaya untuk memberantas kemiskinan," kata dia, lantas menambahkan, keamanan dalam aksi atau protes menjadi hal yang penting.

Anas menambahkan, yang paling penting pemerintah bekerja keras dan meningkatkan perekonomian nasional, mendistribusikan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat, dan menurunkan angka kemiskinan.

Dugaan aksi bakar diri sebagai bentuk protes bukan tanpa alasan. Mundur ke 48 tahun lalu, tepatnya 11 Juni 1963, terjadi aksi fenomenal seorang biksu asal Vietnam, Thich Quang Duc membakar diri di tengah persimpangan padat di Kota Saigon. Memprotes perlakuan rezim Ngo Dinh Diem di Vietnam Selatan terhadap umat Buddha.

Aksi yang sama hingga kini dilakukan, misalnya di Tibet hingga Yunani -- di mana seorang pria membakar diri di depan gedung sebuah bank di Thessaloniki, Yunani utara, Jumat 16 September 2011. Pria berusia 55 tahun tersebut membakar dirinya sendiri setelah permintaan negosiasi ulang terkait tunggakan pinjamannya ditolak oleh pihak bank.(sj)

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan
(Kiri) Kepala Biro Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta Mochamad Abbas

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Kepala Biro Perekonomian dan Keuangan Setda Pemprov DKI Jakarta Mochamad Abbas mengatakan, wilayah Jakarta cukup memiliki peran strategis terhadap perekonomian nasional.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024