METRO

Bakar Diri di Depan Istana

Pelaku Bakar Diri Seorang Mahasiswa?

"Kalau cuma percobaan bunuh diri kenapa harus di depan istana. Ia protes kepada penguasa."

ddd
Kamis, 8 Desember 2011, 13:43
Aksi Solidaritas Bakar Diri
Aksi Solidaritas Bakar Diri (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAnews - Ketua Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning menjenguk pria yang melakukan aksi bakar diri di depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu 7 Desember 2011. Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, kunjungannya ini tidak direncanakan sebelumnya.

"Saya sekalian check up dan menjenguk yang terbakar tadi malam, ini dadakan tidak direncanakan," ujar Ribka di RSCM, Jakarta, Kamis 8 Desember 2011. Ribka datang seorang diri pada pukul 11.50 WIB. Dia mengenakan baju batik.

Ribka menilai aksi nekat pria tersebut dilakukan bukan karena alasan biasa. Menurut dia, pasti ada alasan tertentu yang harus diusut lebih dalam. "Aku lihat ada dua kemungkinan, karena kejenuhan rakyat terhadap pemimpinnya," katanya.

Dia mengatakan, seseorang tidak akan nekat membakar diri di depan Istana jika hanya sekedar beralasan untuk bunuh diri. "Kalau cuma percobaan bunuh diri kenapa harus di depan istana. Ia protes kepada penguasa," ujar Ribka. "Ini ada sesuatu yang harus di gali lebih panjang,"

Ribka juga mengaku sempat bertanya kepada pria itu saat membesuknya. Ribka bertanya, "apakah kamu mahasiswa?". Lantas, kata Ribka, pria yang tergolek di ranjang itu menganggukkan kepalanya.

Entah benar atau tidak pengakuan Ribka yang mengatakan pria ini bisa menganggukan kepala saat dia tanya. Pasalnya, kondisi pria yang melakukan aksi bakar diri ini sedang kritis.

Alat bantu nafas diberikan dokter untuk meningkatkan harapan hidup bagi pria itu. Meski sempat sadar, tapi dokter membuatnya tidak sadar untuk membantu kerja alat bantu nafas.

"Sekarang sudah dibuat tidak sadar, untuk membantu bernafas," kata Dirut RSCM, Prof Akmal Taher, Kamis, 7 Desember 2011.

Kondisi terakhir pria nahas itu pada umumnya masih  buruk. Ada masalah lain seperti sistem jantung dan pembuluh darah, dan itu masih diperbaiki. Luka bakar sekitar 97-98 persen dan sulit dikembalikan. Saat ini pria itu masih menjalani perawatan di ruang isolasi khusus luka bakar.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengungkapkan, bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sudah tahu ada aksi bakar diri di depan Istana Presiden, Jakarta. Menurut dia, beberapa saat setelah kejadian, Presiden meminta polisi berkoordinasi dengan rumah sakit. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
koko_classic
09/12/2011
buat ribka... tuh orang ngangguk blm pasti dia mengiyakan dia mahasiswa. bisa aja dia ngangguk nyuruh kamu pergi. klo pun dia mahasiswa berarti standard mahasiswa sekarang rendah sekali ampe gak bisa berpikir normal. satu yg jelas dia pendek akal.
Balas   • Laporkan
iwanez
09/12/2011
Seharusnya : Apa kamu anggota PDIP........................!!!!! Pertanyaan yang konyol.... Dasar Anggota DPR bodoh
Balas   • Laporkan
koko_classic | 09/12/2011 | Laporkan
ribka cari perhatian, caranya aja yg dungu. memanfaatkan orang pendek akal. jadi oposan yg elegan dong. jgn keliatan dungunya. dasar keledai
santi_h
09/12/2011
apakah kamu laki laki? jawabnya ya alias yo'a...
Balas   • Laporkan
kusuma85
08/12/2011
hahahaha....aku ampe ngakak nih baca komen temen2....tp emang bener sih knp gtu yah harus ditanya kamu mahasiswa apa bukan.ada2 aja yah itu ibu ribka...
Balas   • Laporkan
omradsky
08/12/2011
dasar politisi gemblung,nanyanya gitu oon banget, sekalian aja tanya mau jadi suami gw nga, dijawab iya sambi mengangguk.
Balas   • Laporkan
blueberry
08/12/2011
orang bunih diri kok mau di politisasikan, apa maksud nya pake nanya 'apakah kamu mahasiswa' kanapa g nanya sekalian 'apakah kamu orang PDIP gak ?'
Balas   • Laporkan
koko_classic | 09/12/2011 | Laporkan
maksudnya biar mahasiswa turun kejalan buat jatuhin pemerintahan skrg. sekarang mahasiswanya mau gak dimanfaatin bu ribka.
santi_h
08/12/2011
Ribka bertanya, "apakah kamu mahasiswa?". .pertanyaan aneh..sebuah pertanyaan yg diwajibkan/diharuskan dijawab "Ya"...(punya maksud ya neng??)...seharusnya tanya siapa anda,knp melakukan hal itu..itu kan sopan bahasanya,,eh lupa,anggota DPR yaa,pantas saj
Balas   • Laporkan
wayan_bluess
08/12/2011
Politisi satu ini mau memperkeruh keadaan saja ,,,cari popularitas diatas penderitaan orang....ini merupakan tindakan konyol saja mengapa mesti bakar diri,,menyiksa diri merupakan dosa besar, semoga dosa orang ini di ampuni Allah swt...........amiiiin.
Balas   • Laporkan
nuansa.persada
08/12/2011
semoga lekas sembuh, seharusnya ini tidak perlu dilakukan.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id