Gigit Penumpang, Petugas Busway Diperiksa

Bus TransJakarta tengah mengambil penumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta akan memberi sanksi tegas kepada petugas yang menggigit ibu jari penumpang pada Sabtu, 3 Desember 2011 lalu, jika terbukti bersalah.

PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus

Saat ini Hari Maulana, nama petugas itu, untuk sementara waktu dibebastugaskan hingga proses pemeriksaan selesai.

"Jadi belum dapat kami simpulkan. Tapi kesimpulan sementara petugas terdesak karena penumpang melakukan pemukulan terlebih dahulu sebanyak dua kali dan berkata kotor," ujar Asisten Manajer Pengendalian Operasional BLU Transjakarta, Bano Yogaswara, di Jakarta, Senin, 5 Desember 2011.

Menurut Bano, saat peristiwa terjadi petugas memang melanggar standar operasional prosedur (SOP) karena menerima telepon di atas bus.

Sesuai SOP, baik pramudi atau petugas on board, dilarang kontak fisik dengan penumpang dan bermain handphone.

Namun menurut keterangan petugas, dirinya menerima telepon karena sang ibu sedang sakit. "Saat terjadi pemukulan telepon genggam milik petugas juga terjatuh. Tapi pemeriksaan masih terus berjalan dan akan kami dalami lagi," kata Bano.

Dia mengungkapkan jika dalam pemeriksa petugas bersalah akan diberikan sanksi sesuai dengan kesalahan. Pihaknya juga akan meminta keterangan dari beberapa saksi, seperti pramudi dan petugas patroli malam. Pihaknya juga mengundang korban untuk dimintai klarifikasi hari ini.

Seperti diketahui seorang penumpang, Yohanes Sulung (27) mendapat perlakuan buruk dari petugas bus TransJakarta, Hari Maulana. Jempol tangan Yohanes digigit hingga terluka.

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Atas kejadian itu, Yohanes melaporkan Hari ke Polres Jakarta Barat. Peristiwa terjadi pada Sabtu malam sekitar pukul 22.30. Saat itu, korban menumpang bus TransJakarta dari Halte Permata Hijau.

Awalnya Yohanes menanyakan bus jurusan ke UKI, petugas sudah menjawab dengan baik. Yohanes terus bertanya karena tidak mengetahui pasti rute bus.

Namun karena tidak puas dengan jawaban petugas, penumpang kemudian mendorong dahi petugas dengan tangannya. Tak senang dengan perlakuan itu, petugas langsung meraih tangan lawan lalu menggigit ibu jarinya hingga robek. Keributan baru reda setelah petugas lain turun tangan melerai. (eh)

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat
ODGJ Ngamuk di Cengkareng, Mau Tikam Kakaknya

ODGJ Ngamuk di Cengkareng Mau Tikam Kakanya Sendiri, Ternyata Kabur dari Dinsos

Seorang pria berinisial A yang merupakan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, mengamuk hingga nyaris menikam keluarganya sendiri. Untung

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024