Rute Baru KRL Jabodetabek Membingungkan Warga

Uji Coba Kereta KRL Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Kereta Api mengakui bahwa sosialisasi terhadap ujicoba pola baru rute KRL Jabodetabek dan sistem loop line yang diberlakukan dari 1 sampai 4 Desember 2011 sangat kurang, sehingga membingungkan warga.

"Masih banyak yang belum paham rute baru. Sosialisasi butuh waktu yang cukup lama dan kebijakan ini mungkin tidak memuaskan semua pengguna KRL," kata Kepala Humas PT KA Daop I Jakarta Mateta Rizalulhaq kepada VIVAnews.com.

Mateta mengungkapkan penerapan jadwal baru tersebut lumayan lancar dan tidak banyak menemui kendala. "Kemarin pagi sampai pukul 07.00 WIB berjalan sesuai dengan grafik perjalanan," ujarnya.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Ia mengakui memang sekitar pukul 07.30 WIB ada penumpang dari Bekasi ke Tanah Abang yang kecewa karena harus transit dan menunggu lama kereta.

"Mereka anggap itu terlambat, padahal menunggu jadwal keberangkatan kereta berikutnya," ucapnya.

Mateta menjelaskan untuk sosialisasi di Stasiun Bekasi harus lebih ditingkatkan. "Kelihatannya dari stasiun di Bekasi butuh evaluasi lebih lanjut untuk sosialisasi" katanya.

Menurut dia banyaknya keluhan penumpang adalah hal yang positif karena akan memberikan masukan untuk perbaikan pada sistem baru.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

"Tanpa itu kita tidak akan tahu masalahnya. Ini kan proses di mana suatu rutinitas dalam waktu yang lama, diubah dalam waktu singkat," katanya.

Dia menerangkan transit kereta memang membutuhkan waktu dan itu tergantung masing-masing kereta. Ada yang butuh lima menit, ada yang bisa langsung berangkat.

Itu semua telah direncanakan karena ada penambahan 531 perjalanan baru, dari sebelumnya sebanyak 461 perjalanan.

Dengan jalur melingkar ini, dari 36 rute disederhanakan menjadi enam rute. "Upaya sosialisasi terus dilakukan dan kami akan menambah personel. Kami juga akan evaluasi apakah harus menambah jadwal perjalanan. Intinya ini untuk meningkatkan kapasitas dan daya angkut," ucapnya.

Chandrika Chika Ditangkap karena Kasus Narkoba, Netizen: Udah Benar Joget Papi Chulo Aja

Dengan sistem ini, PT KA berharap target bisa menganggkut 1,2 juta penumpang per hari pada 2019 bisa direalisasikan. (kd)

Liverpool vs Everton

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool akan menyambangi markas Everton dalam lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024