Polri: Mahasiswa Tidak Pantas Lempar Tinja

Unjuk Rasa Mahasiswa Memperingati Tujuh Tahun SBY di Depan Istana
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Aksi unjuk rasa mahasiswa dinilai sudah mengarah pada perbuatan tidak terpuji. Terakhir, aksi unjuk rasa mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Mahasiswa (Jarkam) diwarnai insiden pelemparan tinja dan air seni.

"Itu tidak bagus dan tidak pantas dilakukan oleh mahasiswa yang merupakan kaum terpelajar," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 10 November 2011.

Pada aksi unjuk rasa di Jakarta Rabu, 9 November 2011 kemarin, dengan tuntutan Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono mundur, para mahasiswa melempar tinja dan air seni ke arah petugas. Mereka juga membakar ban di tengah jalan, sehingga menyebabkan kemacetan parah.

Boy berharap, dalam menggunakan haknya itu, para mahasiswa dapat melakukannya dengan tertib dan sopan. Tidak mengganggu masyarakat lainnya. Apalagi melempar tinja dan air seni.
 
"Kita berharap dalam menyampaikan aspirasi bisa lebih santun dan tidak melakukan cara-cara seperti itu," ujar Boy.

Boy menambahkan, setiap aksi unjukrasa, wajib memiliki izin terlebih dahulu dari pihak kepolisian. Selain itu, polisi juga perlu mengetahui perangkat dan media apa saja yang digunakan pada saat aksi.

"Setiap alat peraga yang dibawa adalah alat yang dimasukkan sebelumnya dalam surat pemberitahuan," ungkapnya.

Polisi, kata Boy, akan tetap mengedepankan cara-cara yang persuasif kepada para pengunjuk rasa.

Menurut salah satu mahasiswa yang mengikuti aksi, tujuan pelemparan tinja dan air seni ke aparat keamanan adalah untuk menunjukkan kepada rakyat bahwa pemerintah saat ini sudah tidak bersih lagi.

"Tinja yang kita lempar adalah simbol pemerintah kita masih dipenuhi oleh tindakan kotor para pejabat," ujar Deni mahasiswa dari Universitas Bung Karno, Rabu 9 November 2011 kemarin.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga
Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

Rezka menuturkan selain Selebgram Chandrika Chika ada salah satu atlet e-Sports yakni bernama Aura Jiexy alias AJ. Selanjutnya, ada juga inisial AT, MJ, AMO, BB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024