Pusat Parcel Cikini Digusur

Produksi Keranjang Parcel Meningkat di Bulan Ramadhan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Salah satu pusat parcel terbesar Jakarta, di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, digusur. Ini merupakan bagian dari program penertiban jalur kereta yang dilaksanakan PT Kereta Api (KA).

"Penertiban ini merupakan bagian dari program pembenahan yang dilakukan PT. KA. Bangunan yang tidak tertib dan berdiri bukan pada tempat serta peruntukanya, akan kami tertibkan," ujar Senior Manager Security Daop 1, Ahmad Sujadi.

Menurutnya, penertiban adalah untuk kepentingan masyarakat khususnya pengguna jasa kereta api agar lebih nyaman saat naik kereta api di stasiun Cikini.

Bangunan tambahan yang tidak mengantongi izin dibongkar oleh tim penertiban. Ratusan box parcel bekas, dikeluarkan dari area stasiun dan diangkut dengan menggunakan truk kebersihan yang disediakan oleh pihak Kelurahan Pegangsaan.

Lurah Pegangsaan, M Irfan, mengatakan pihaknya mendukung karena dengan tertibnya Stasiun Cikini maka akan memperindah tampilan wajah Jakarta.

Penertiban serupa juga pernah dilakukan pada Februari 2010 lalu. Saat itu, penertiban dilakukan karena pedagang dianggap berlebihan menggunakan lahan stasiun untuk berdagang dan mengganggu kenyamanan calon penumpang kereta api.

Cikini sudah sejak lama dikenal sebagai pusat kerajinan tangan dari rotan dan bambu. Parcel menjadi salah satu produk dari hasil kerajinan yang mendatangkan banyak keuntungan.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Tidak sedikit pedagang yang setiap hari tenggelam dalam aktivitas di bawah Stasiun Cikini itu.

Kios parcel yang menjadi ciri khas Cikini ini sudah ada sejak tahun 70-an. Sejak saat itu setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, Natal dan tahun baru kawasan seputar stasiun KA Cikini ramai dipenuhi penjual Parcel, baik yang sudah menetap ( toko ) maupun yang musiman yang membuka tenda – tenda di seputar stasiun Cikini. Kini, kios parcel Cikini tinggal nama.

Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024