Foke Klaim Air PAM DKI Aman Dari e-Coli

Limbah
Sumber :
  • e-dukasi.net

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menjamin air dari Perusahaan Air Minum (PAM) di Jakarta aman. Jaminan itu disampaikan Fauzi mengingat saat ini kali Bekasi yang menjadi air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi, dalam kondisi yang buruk akibat tercemar bakteri e-coli dalam jumlah tinggi.

"PDAM bekerja sama dengan dua operator (Palyja dan Aetra) secara acak melalui pengambilan sampel untuk pengecekan. Yang jelas untuk Jakarta, kalau Air PAM pasti aman," ujar Fauzi Bowo di Balaikota DKI Jakarta, Jumat, 30 September 2011.

Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, menegaskan kali Bekasi yang menurut BPLHD Bekasi tercemar e-coli belum jelas lokasi persisnya. Selain itu, apakah aliran air menjadi pasokan air baku ke Jakarta.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Sebab, menurut dia, pasokan air ke Jakarta bukan dari Kali Bekasi, tapi Saluran Kanal Tarum Barat.

"Dari saluran Kanal Tarum Barat aliran air disalurkan ke Kali Malang dan Kali Bekasi. Air dari Kali Malang itu yang dialirkan ke DKI Jakarta," jelasnya.

Meski demikian, Foke mengaku akan mempelajari kondisi air yang mengalir ke Jakarta. Walaupun air baku mengandung bakteri, air itu akan diproses sebelum disalurkan melalui pipa air ke rumah-rumah di Jakarta.

"Jadi kalau sudah keluar dari proses saya kira aman dikonsumsi, meskipun katakanlah bahan bakunya itu, terkontaminasi. Jangan langsung dikonsumsi, tetap harus dimasak lebih dahulu," ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Wahyu Prihantono, mengatakan bakteri e-coli banyak ditemukan di Kali Bekasi akibat maraknya pembuangan limbah tinja langsung ke kali, tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu.

Dia meminta kesadaran dari pemilik usaha sedot tinja agar tidak membuang limbahnya secara langsung ke Kali Bekasi. Bila dibiarkan maka dalam beberapa tahun lagi, air Kali Bekasi tidak bisa digunakan sebagai air baku.

"Setiap dilakukan uji laboratorium ditemukan bakteri e-coli dalam jumlah tinggi. Karena itu kapasitas produksi akan diturunkan," katanya.

Sejauh ini PDAM Tirta Bahagasasi mengaku kesulitan mengambil tindakan bila ada mobil tinja yang membuang limbah ke Kali Bekasi. Laporan mengenai hal ini sudah disampaikan kepada pemerintah daerah. (sj)

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024