Mandi di Sungai, Kulit 7 Warga Melepuh

Berenang di waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta, yang penuh limbah
Sumber :
  • Antara/ Puspa Perwitasari

VIVAnews - Gara-gara mencuci pakaian dan mandi di aliran sungai, sebanyak tujuh orang warga Tanjung Karang Timur, Lampung mengalami kulit yang tiba-tiba melepuh. Kondisi parah dialami oleh warga yang sempat mandi di sungai yang diduga telah tercemar limbah tersebut.

Meski Dilarang AS dan Barat, Israel 'Keukeuh' Akan Tetap Kembali Serang Iran

Kejadian ini bermula saat ketujuh warga tersebut selesai mencuci pakaian dan mandi di Sukamanjur yang ada di sekitar kelurahan tersebut. Ketujuhnya, yakni; Yati (40), Susi (33), Rina (27), Yanto (50), Hamsah (40), Mina (60), dan Lina (30) segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Menurut pantauan VIVAnews.com, warga yang mencuci baju hanya melepuh pada bagian yang terkena air, sedang yang mandi hampir sekujur badannya melepuh.

"Saat berendam saya merasa badan panas dan perih-perih, begitu saya naik, kulit saya tiba-tiba melepuh seperti terbakar," ujar Yati kepada VIVAnews.com, Kamis, 29 September 2011.

Penyebab melepuhnya kulit ketujuh warga tersebut diduga kuat akibat limbah yang kerap dibuang oleh sebuah pabrik yang letaknya tidak jauh tidak jauh dari sungai.

Hal tersebut diungkapkan Lurah Kedamaian, M. Zaini setelah dirinya dan aparat kepolisian mendatangi perusahaan pembuat sari gula tersebut. Sedangkan pimpinan perusahaan, tidak mau memberikan konfirmasi kepada wartawan.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Kasus ini hingga kini segera ditangani Badan Pengelolaan dan Pengendalian dampak Lingkungan Hidup (BPPLH) Kota Bandar Lampung. Walikota Bandar Lampung, Herman H. N sendiri yang memerintahkan untuk segera mengusut masalah ini.

"Jika pihak perusahaan tidak kooperatif, akan saya tutup perusahaan itu dan cabut izinnya. Jangan sampai warga yang dirugikan karena ulah pengusaha yang tidak bertanggung jawab," geram Herman H.N kepada wartawan. Laporan: Andry Kurniawan | Lampung (adi)

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran
Ilustrasi Matahari

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Sebagian besar negara di dunia mengalami siklus siang dan malam, tetapi ada negara-negara di mana fenomena matahari tengah malam terjadi, yang artinya matahari terus ada

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024