TUTUP
TUTUP
METRO

DKI Akan Bangun 94 Tempat Pengolahan Sampah

Semua pengembang kawasan akan diwajibkan membangun pengolahan sampahnya sendiri.
DKI Akan Bangun 94 Tempat Pengolahan Sampah
Sampah di Jakarta (ANTARA/Yudhi Mahatma)

VIVAnews - Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan mengoptimalkan pembangunan sentra 3R (reduce, reuse dan recycle) guna mengurangi timbunan sampah warga Jakarta dari sumbernya. Ada 94 titik lokasi pengolahan sampah tersebut.

"Semua pengembang kawasan akan diwajibkan membangun pengolahan sampahnya sendiri," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Eko Bharuna di Jakarta, Selasa, 6 September 2011.

Kawasan Pantai Indah Kapuk salah satu lokasi yang akan dibuat untuk proyek percontohan sentra 3R. Akan dibangun fasilitas pengolahan sampah dengan teknologi yang akan mengurai sampah menjadi tenaga listrik dan kompos atau Integrated Dry Anaerobic Digestion and Composting.

"Kapasitasnya memang lebih kecil. Hanya sekitar 250 ton per hari," terangnya.

Nantinya, pada sentra 3R juga akan dibangun asrama yang akan bekerja sama  dengan Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum.

Di wilayah Jakarta Barat tersebar di 22 titik yakni Kecamatan Kalideres, Cengkareng, Palmerah, Kembangan, Kebon Jeruk, Grogol Petamburan, Taman Sari, dan Kecamatan Tambora.

Untuk Jakarta Utara tersebar di 29 titik seperti Kecamatan Penjaringan, Pademangan, Tanjung Priok, Koja, Kelapa Gading, dan Cilincing. Sementara itu, Jakarta Pusat tersebar di 13 titik dan ada di wilayah Kecamatan Cempaka Putih, Menteng, Johar Baru, Kemayoran, Senen, Sawah Besar, dan Kecamatan Tanah Abang.

Wilayah Jakarta Timur tersebar di 10 titik yang ada di wilayah Kecamatan Pasar Rebo, Kramat Jati, Duren Sawit, Cipayung, Makassar, dan Kecamatan Jatinegara.

Sementara untuk wilayah Jakarta Selatan tersebar di 20 titik di Kecamatan Pancoran, Jagakarsa, Tebet, Pasar Minggu, Cilandak, Kebayoran Lama, Setia Budi, Mampang Prapatan, Kebayoran Baru dan Kecamatan Pesanggrahan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP