Pakar: Jakarta Belum Siap Hadapi Bencana

Suasana Gempa di Jakarta
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro

VIVAnews - Jumlah penduduk Jakarta hingga 2030 diperkirakan mencapai 12,5 juta jiwa. Karena itu persiapan untuk membenahi kesadaran masyarakat terhadap persoalan perkotaan harus segera dilakukan. Kesadaran soal siaga bencana merupakan salah satu faktor penting.

Menurut Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, Jakarta memang harus dibuat sebagai kota siaga bencana. Mekanisme mitigasi bencana perlu dibangun untuk menjangkau setiap warga.

"Untuk membangun early warning system memang memerlukan perangkat informasi yang sangat mahal. Tapi, dibanding membangun proyek besar yang selesai puluhan tahun, seperti membangun tanggul raksasa dengan investasi besar, ini sangat penting. Bencana bisa datang setiap saat," ujarnya kepada VIVAnews.com

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Dia mencontohkan saat terjadi gempa di Jakarta, banyak warga panik dan tidak mengerti harus ke mana. Itu karena Jakarta tidak memiliki ruang hijau yang cukup, sehingga banyak orang berkerumun di tepi jalan. Akhirnya, Sudirman dan Thamrin menjadi semrawut dan macet total.

Yayat mengritik peraturan daerah tata ruang Jakarta 2030, yang menurut dia masih terfokus pada teknis pembangunan dan pendekatan proyek. Yang dikejar semata target pembangunan proyek penanggulangan, tapi tidak memperhatikan solusi sosial untuk mengatasi bencana--misalnya: membuat warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Bencana polusi juga bertambah seiring dengan penambahan jumlah manusia," ujarnya.

"Masyarakat Jakarta harus peduli dengan bencana, harus sigap bencana. Banyak aspek non teknis yang kurang diantisipasi karena tidak bernilai proyek," katanya.

5 Ciri-ciri Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik, Haus Akan Pujian
Air kelapa

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Air kelapa adalah minuman alami yang menyegarkan dan lezat yang dikenal banyak orang sebagai minuman tropis yang menyehatkan dan memiliki manfaat untuk tubuh.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024