Bantul Siapkan Kuburan Massal Pemudik

Ilustrasi makam/kuburan
Sumber :
  • southfloridadaily.com

VIVAnews -- Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan liang lahat bagi korban kecelakaan lalu lintas selama arus mudik lebaran. Lokasinya di pemakaman umum Tegal Dawa, Kawasan Bantul Barat.

Kepala Dinas Sosial Pemkab Bantul, Mahmudi mengatakan liang lahat itu disediakan khusus bagi korban kecelakaan yang tidak memiliki identitas. Namun, liang lahat ini tidak disediakan untuk korban pembunuhan. Selain itu, harus ada keterangan resmi dari kepolisian bahwa korban tersebut tidak memiliki identitas jelas.

“Kalau memang ada korban meninggal saat kecelakaan yang menimpa pemudik dan tidak punya identitas, kita sudah punya lokasi untuk pemakaman korban tanpa identitas jelas itu,” kata Mahmudi di Bantul, Jumat, 26 Agustus 2011.

Mahmudi mengatakan jenazah yang dapat dimakamkan di pemakaman ini adalah para korban yang mengalami kecelakaan di wilayah Kabupaten Bantul saja. Korban yang meninggal di luar wilayah Bantul bukan tanggung jawab dinas sosial Bantul dan tak bisa dikubur di kawasan ini.

“Nantinya masyarakat yang menggali kubur dan memakamkannya. Kita akan memberikan bantuan uang untuk proses penguburannya,” kata dia.

Kawasan Tegal Dawa ini, kata Muhtadi, memang telah lama menjadi tempat pemakaman orang-orang yang meninggal tanpa identitas jelas. ”Kalau ada gelandangan yang meninggal di wilayah Bantul, ya kita makamkan di pemakaman umum Tegal Dawa,” pungkasnya. (eh)

Laporan: Juna Sanbawa l Yogyakarta

Polisi Benarkan Yudha Arfandi Lakukan Kekerasan ke Tamara, Sudah Dilaporkan?
Ojol Bawa 10 Ribu Butir Ekstasi

Ojol Tertangkap Basah Bawa 10 Ribu Butir Ekstasi, Ngaku Disuruh Residivis di Thailand

Seorang driver ojek online (ojol) berinisial HJL ditangkap Direktorat Narkoba Bareskrim Polri usai membawa 10 ribu butir ekstasi

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024