Sabtu Hingga Senin, Jakarta Bebas Macet

Jalan Medan Merdeka Utara dilatari Masjid Istiqlal, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa mengatakan kondisi jalan di Jakarta yang sehari-harinya dipenuhi oleh kendaraan akan berubah total menjadi sepi ketika masyarakat pulang ke kampung halaman untuk berlebaran.

Royke menjelaskan, sepinya jalanan tidak langsung begitu saja terjadi, tetapi ada tahapan di setiap harinya. Diperkirakan, kondisi jalan sepi itu dimulai Sabtu 27 Agustus esok.

"Kalau hari Jumat masih ramai, tetapi tidak macet seperti biasanya. Lalu berangsur hari Sabtu, Minggu dan Senin itu dipastikan sudah sepi," ujar Royke di Jakarta, 23 Agustus 2011.

Menurut Royke, kemungkinan ada kemacetan pada saat Hari Raya Idul Fitri berlangsung, di mana sesaat setelah Salat Ied yang diselenggarakan di mesjid besar, serta banyaknya mobil yang parkir di jalanan.

Biasanya, kemacetan paling parah di rumah-rumah pejabat yang sering melakukan open house kepada masyarakat. Pihaknya akan mengatur arus lalu lintas agar tidak menggangu pengguna jalan lain.

"Kami akan optimalkan pengaturan lalu lintas, meski jalan pada saat hari Idul Fitri lenggang. Tetapi kami juga harus mengantisipasi segala hal yang memungkinkan terjadi," jelas Royke. (eh)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024