Ini Instruksi Foke Pada Musim Mudik 2011

Arus Balik H+3 di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo membuka Apel Siaga dalam rangka Pengendalian Arus mudik dan Arus Balik Idul Fitri 1432 H, di lapangan silang Monas, Selasa, 23 Agustus 2011.

Dalam pidatonya, seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan petugas di lapangan diminta bekerjasama secara profesional dalam rangka pengendalian arus mudik dan arus balik.

"Lakukan antisipasi dini terhadap hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi di lapangan," ujar Fauzi Bowo saat membuka Apel Siaga.

Foke juga menginstruksikan kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta, untuk mempersiapkan penyelenggaraan Angkutan Lebaran, baik angkutan darat, laut maupun udara, serta pelayanan pos dan telekomunikasi dengan baik.

Seluruh Kepala Terminal, Stasiun, dan Pelabuhan, harus terus memonitor dan mengendalikan seluruh angkutan Lebaran, serta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan uji kelayakan bagi para pengemudi.

Selain itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga diminta melakukan monitoring dan pendataan terhadap penduduk yang mudik dan kembali. Agar pendatang baru bisa terdata.

"Lakukan sosialisasi Peraturan Daerah mengenai kondisi dan permasalahan kependudukan, serta tertib administrasi. Sosialisasi pengendalian urbanisasi," katanya.

Setelah arus balik, Dinas Dukcapil juga diminta segera mempersiapkan kegiatan operasi yustisi kependudukan secara terpadu. Operasi ini dilakukan guna menertibkan pendatang baru baik WNI maupun WNA antara lain di tempat permukiman, daerah elit termasuk apartemen.

"Tingkatkan pengawasan dan pengamanan secara berkesinambungan terhadap penerbitan KTP di DKI Jakarta, khususnya bagi pendatang baru," tegasnya.

Kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Foke menginstruksikan agar melakukan antisipasi dini terhadap berbagai kemungkinan tidak terduga, berkaitan dengan arus mudik dan arus balik, menjaga keamanan dan ketertiban, bekerjasama dengan aparat keamanan TNI dan POLRI.

Setelah Apel Siaga, seluruh unsur SKPD diharapkan segera mensosialisasikan berbagai kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada warga dalam menghadapi Arus Mudik dan Arus Balik di lokasi yang ditetapkan, seperti di tempat-tempat pemberangkatan angkutan lebaran. (eh)

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya
Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024