Empat Prioritas Pemerintah Selama Mudik

Pemudik Mulai Padati Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pemerintah menyoroti empat hal penting dalam menghadapi mudik lebaran 2011. Keempat hal itu yaitu kesiapan bahan pangan pokok, pasokan bahan bakar minyak (BBM), elpiji dan listrik, angkutan prasarana, dan perbaikan infrastruktur.

Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, untuk kesiapan bahan pokok, ia optimistis persediaan saat ini dapat mencukupi. Harga bahan pokok menurut dia masih stabil.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

"Bahkan, persediaan akan surplus sampai akhir tahun ini. Tidak ada tanda satu pun di Tanah Air menimbulkan kelangkaan bahan pokok," kata Hatta di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 22 Agustus 2011.

Untuk BBM, menurut Hatta, Premium tersedia hingga 18 hari. Sementara itu, bagi SPBU yang mengalami antrean panjang, disediakan tangki-tangki khusus sebagai cadangan.

Untuk minyak tanah, persediaan cukup banyak yaitu 80 hari. Untuk Solar, persediaan 19,7 hari, sedangkan avtur stoknya hingga 25,6 hari. Sementara itu, untuk Pertamax persediaan hingga 55,7 hari dan Pertamax Plus 106,7 hari.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Persediaan cukup tinggi pada Pertamax Plus, kata Hatta, merupakan indikasi dari penggunaan Pertamax ke Premium meningkat. "Ini yang harus kami kendalikan," kata dia.

Sementara itu, untuk persediaan elpiji ukuran 3 kilogram atau 12 kilogram, Hatta mengklaim, masih cukup baik. Hatta juga menjanjikan tidak ada pemadaman selama arus mudik karena pasokan listrik yang cukup. "Semua dijamin tidak ada pemadaman selama arus mudik ini," kata dia.

Hatta menjelaskan, untuk angkutan mudik lebaran, diprediksi terjadi peningkatan sebesar 3,95 persen dari tahun lalu. "Jadi, diperkirakan memang akan semakin padat jalan-jalan," imbuhnya. (art)

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama capres-cawapres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengucapkan selamat, atas kemenangan yang diraih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada kontestasi Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024