Berkah Ramadan, Jajanan Ampel Laris Manis

Jajanan Ampel (Foto: Tudji Martudji | Surabaya)
Sumber :

VIVAnews - Ramadan membawa berkah tersendiri bagi penjual jajanan di kawasan Masjid Ampel Surabaya. Sejak hari pertama puasa pengunjung terus membludak membeli jajanan untuk menu berbuka. Dibanding hari biasa, pedagang mengaku pengunjung yang datang hingga tiga kali lipat.

“Selalu begitu dari tahun ke tahun selama puasa,” kata Ny Hamid, yang menggelar jajanannya di Jalan Nyamplungan, mulut gang menuju Masjid Ampel.

Ia menyebut, meski peminat jajanan terus melonjak namun harga jual tetap seperti hari biasa di luar Ramadan. Termurah, misalnya, ote-ote udang, pukis, pastel, bikang, serabi atau kolak pisang serta jenis gorengan lain seharga Rp600.

Termahal, seperti terang bulan, bubur sumsum, roti bakar serta kue bolu mencapai Rp5 ribu. Untuk jenis lainnya, harganya bervariasi antara Rp1.500–2.000. “Hukum ekonomi, di mana banyak permintaan harga dinaikkan, itu tidak berlaku di sini,” canda wanita tersebut.

Pembeli mulai berjubel di stan jajanan wisata religi itu terlihat mulai pukul tiga sore. Diluar ramadan, penjual jajan biasanya menggelar dagangannya dimulai pukul 5 pagi hingga sekitar pukul 19.00 WIB. Selama ramadan, aktifitas diawali pukul 2 siang hingga pukul 21.00 WIB.

"Di bulan puasa begini, setelah tarawih banyak jajanan yang sudah habis. Ndak sampai malam kami sudah pulang," lanjutnya.

Di bulan puasa, pedagang mengaku keuntungan yang didapat berlipat. Di hari biasa mereka menyebut mendapat omset per hari sebesar Rp3 juta. “Di bulan puasa bisa bertambah. Buka jam 2 sore sampai setelah Isya bisa mendapat sekitar Rp5 juta,” katanya.

Namun, tidak semua penjual kue di kawasan ini beromzet jutaan seperti Ny. Ahmad. Berpenghasilan ratusan ribu per hari juga masih banyak, itu tergantung seberapa besar modalnya atau tergantung jumlah dan variasi jajanan yang dijual. (Laporan: Tudji Martudji | Surabaya, eh)

Ini Syarat dan Cara Mudah Mengurus BPKB Hilang
4 Siswa MTsN 3 Malang Buktikan Kualitas dengan Raih Medali Emas di Romania

4 Siswa MTsN 3 Malang Buktikan Kualitas dengan Raih Medali Emas di Rumania

Tim MTsN 3 Malang meraih prestasi tingkat internasional setelah empat siswa MTsN 3 Malang mendapatkan medali emas Internasional Exhibition di Kota Deva, Rumania.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024