METRO

Citilink Akan Datangkan 50 Pesawat

Pemisahan Citilink itu akan dilakukan di awal 2012
Rabu, 3 Agustus 2011
Oleh : Nur Farida Ahniar, Ronito Kartika Suryani
Pesawat Citilink

VIVAnews - Citilink akan mendatangkan lima pesawat A320s baru secara berturut-turut setiap bulannya. Selain itu Citilink juga akan mendatangkan 25 pesawat baru A320s mulai tahun 2014 sebagai tindak lanjut kontrak pembelian pesawat baru Airbus A320s antara Garuda dengan pihak Airbus. Kontrak pembelian tersebut juga disepakati opsi penambahan A320s sebanyak 25 pesawat.

"Melalui pembelian 50 pesawat baru diharapkan Citilink akan menjadi salah satu maskapai Low Cost Carrier (LCC) utama di Indonesia dan regional" ujar Vice President Strategic Citilink, Elisa Lumbantoruan, di Kantor Garuda, Cengkareng, Tangerang, Rabu 3 Agustus 2011.

Elisa mengatakan mengungkapkan biaya setiap satu pesawat citilink yang didatangkan bulan September nanti harus mengeluarkan dana US$750 ribu.

Elisa mengharapkan Citilink dapat memberikan kontribusi sebanyak 30 persen yang didapat di tahun 2015. "Kita berharap 30 persen dari total pendapatan garuda group" kata Elisa.

Perlu diketahui, Citilink merupakan unit usaha Garuda Indonesia dibidang penerbangan berbiaya murah (LCC), saat ini Citilink melaksanakan brand refresh. Dengan dilakukan brand refresh tersebut, Citilink siap menyambut persaingan LCC di domestik dan regional ditengah semakin meningkatnya permintaan pasar LCC dari tahun ke tahun.

Garuda Indonesia saat ini sedang melaksanakan proses persiapan untuk memisahkan Citilink menjadi anak perusahaan dan akan beroperasi secara mandiri. Pemisahan itu akan dilakukan di awal 2012.

Saat ini Citilink Garuda mengoprasikan 6 pesawat dan akhir tahun ini akan mengoprasikan 10 pesawat terdiri dari B-737 dan A320. Melayani 8 rute penerbangan, antara lain Jakarta, Surabaya, Batam, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Medan dan Makasar. (Laporan: Muhammad Iyus, Tangerang, eh)

TERKAIT