Ribuan Takjil Gratis Disiapkan di Bandara

Terminal II Bandara Internasional Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews – PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan lebih dari 10 ribu paket takjil atau makanan berbuka puasa di seluruh bandara yang mereka kelola. Program takjil gratis ini akan digelar setiap hari, dan merupakan bentuk pelayanan ekstra PT Angkasa Pura kepada pengguna jasa bandara, sebagai bagian dari program corporate social responsibility (CSR).

“Ini adalah program rutin yang kami jalankan dari tahun ke tahun, serentak di seluruh bandara. Tidak hanya kepada para penumpang, takjil juga diberikan kepada para pekerja bandara yang sedang bertugas. Ini salah satu wujud silaturahmi juga,” jelas Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II Salahudin Rafi. Ia menambahkan, pemberian paket takjil dimulai sejak hari pertama puasa hingga akhir Ramadhan, atau satu hari menjelang hari raya Idul Fitri 1432 H.
 
Dari 12 bandara yang dikelola Angkasa Pura II di seluruh wilayah Indonesia bagian barat, penyebaran paket takjil terbanyak dilakukan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sedikitnya 6.000 paket takjil akan disalurkan di bandara yang memiliki 44,3 juta pergerakan penumpang per tahun tersebut. Menurut Rafi, jumlah pembagian paket takjil ini diasumsikan dari besar pergerakan penumpang per hari pada waktu berbuka puasa tiba. Di Soekarno-Hatta, pergerakan penumpang per hari berkisar hingga 123 ribu penumpang dengan komposisi 78 persen domestik dan 22 persen internasional, atau sekitar 6.800 pergerakan per jam dari 18 jam operasional.
 
"Nah, yang kita bagi takjil sekitar 80 persen penumpang yang diasumsikan muslim, ditambah pegawai bandara yang bertugas. Jumlah seluruhnya sekitar 6.000-an orang. Ada personel khusus di lokasi strategis yang sudah disiapkan untuk membagikan takjil pada saat berbuka tiba, baik di area kedatangan maupun keberangkatan. Prinsipnya, kami ingin membuat penumpang bisa beribadah dengan khusyuk. Jangan sampai mereka terburu-buru naik pesawat kemudian tidak sempat berbuka puasa," ujar Rafi.
 
Untuk bandara-bandara lain, kata Rafi, jumlah paket takjil disesuaikan dengan jumlah pergerakan penumpang yang terjadi. “Saya sudah meminta kepada seluruh kepala cabang untuk melakukan hal ini secara serentak demi memuaskan pelanggan, sekaligus beramal. Tentunya di bandara lain tidak akan sama porsinya dengan di Bandara Soekarno-Hatta,” kata dia.

Potong Kuku Mulai dari Jari Mana? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat
Skin Age Detector

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI

Salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk menyediakan perawatan kulit yang komprehensif, tidak hanya fokus pada aspek estetika atau kecantikan tapi juga kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024