Penerapan e-KTP Bisa Molor Hingga November

Ilustrasi KTP palsu
Sumber :
  • Antara/Yusran Uccang

VIVAnews - Warga Jakarta belum bisa membuat Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP mulai hari ini atau sesuai jadwal yang sudah ditargetkan. Sejumlah kendala teknis rupanya masih dihadapi terutama terkait pengadaan alat yang belum sampai di 267 kelurahan di Jakarta.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, Purba Hutapea, menjelaskan memang ada kendala teknis pengiriman alat oleh pihak Kementerian Dalam Negeri. Padahal konsorsium PNRI yang ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri untuk mengelola proyek ini, akan melakukan uji coba di 10 kelurahan di lima wilayah Jakarta.

"Setelah uji coba di 10 kelurahan tersebut berhasil, maka pelayanan e-KTP akan dimulai dengan melakukan pemanggilan warga oleh Lurah, sesuai jadwal yang ditetapkan," ujar Purba Hutapea saat jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 1 Agustus 2011.

Purba mengatakan hingga kemarin baru 244 kelurahan yang menerima alat yang diperlukan. Tapi, itupun masih ada unit perlengkapan yang belum datang, sehingga belum bisa difungsikan. Ada yang kekurangan alat pemindai mata, kamera, tripod, dan lain-lain.

"Target secara umum kemungkinan besar akan mundur. Kalau alat kurang, target juga bisa mundur. Kemungkinan bisa sampai November," ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyesalkan keterlambatan pengiriman alat ini, sehingga mengakibatkan tertundanya penerapan e-KTP di Ibukota. Dia mengimbau warga Jakarta untuk ikut mengawasi pelaksanaan program e-KTP.

"Tiap hari kalian bisa ikut monitor progress-nya, berapa banyak yang bisa di-install dan difungsikan. Jadi, jangan cuma pasang target, tapi kelengkapannya tidak dikasih. Itu sama juga tidak proporsional," kata Foke, dengan nada kesal. (kd)

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir
Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahudin Uno

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Pariwisata jadi industri yang memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi secara cepat dengan berbagai aspek yaitu kesempatan kerja dan peningkatan taraf hidup

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024