Tarif Kereta Lebaran Belum Ditetapkan

Ilustrasi Mudik dengan Kereta Api
Sumber :
  • VIVAnews / Gestina Rachmawati

VIVAnews - PT Kereta Api (KA) belum menetapkan kenaikan tarif kereta Lebaran 2011, yang akan disesuaikan dengan tarif batas atas. Kenaikan tarif akan dibicarakan secara mendalam yang akan disesuaikan dengan kondisi masyarakat sekarang ini.

"Untuk tarif, kita akan memakai tarif batas atas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dan tarifnya sendiri disesuaikan dengan tujuan dan kereta yang digunakan," ujar Direktur Operasional PT KAI, Bambang Irawan, di Jakarta, Kamis, 14 Juli 2011.

Sementara itu, terkait pengamanan stasiun pemberangkatan penumpang, pihaknya segera melakukan pembicaraan dengan seluruh aparat terkait. Guna mengantisipasti tingkat kriminalitas saat mudik lebaran, PT KA menyiapkan posko di setiap stasiun pemberangkatan.

Pengamanan akan diperketat mengingat maraknya penumpang liar pada kereta barang. Pembelian tiket nantinya akan disesuaikan dengan KTP penumpang. Sehingga semua nama yang tertulis adalah yang naik kereta.

Dijelaskan Bambang, untuk di Jakarta, pemberangkatan penumpang dilakukan di Stasiun Tanah Abang, Pasar Senen, Jatinegara, dan Gambir untuk kelas eksekutif.

Seperti diketahui sebelumnya, PT KAI telah membuka pemesanan tiket untuk mudik lebaran 2011 sejak H-40. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya pemesanan tiket.

"Jadi, kalau lebih jauh kan persiapannya juga lebih mantap. Sehingga, orang juga tidak terlalu terburu-buru melakukan pemesanan," ujar Direktur Operasional PT KAI, Bambang Irawan,

Sementara itu, para calon penumpang bisa melakukan pemesanan di loket-loket yang telah disediakan. Bisa juga di setiap agen, kantor pos dan mini market Indomart yang sudah bekerja sama dengan PT KAI. Termasuk pemesanan melalui call centre, ATM dan datang langsung ke stasiun terdekat.

"Kalau di luar Jakarta seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur kami siapkan pemesanan mobile yang langsung datang ke lokasi-lokasi keramaian. Layanan ini diberlakukan untuk lokasi-lokasi yang jauh dari stasiun dan kantor pos, jasi masyarakat bisa memesan di loket mobile," katanya. (umi)

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?
Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024