Apa Itu Proyek Jakarta 21

Jalan Sudirman, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Pemerintah Jerman berupaya mewujudkan ibu kota Jakarta menjadi kota metropolitan kelas dunia. Kesepakatan itu diimplementasikan dalam proyek Jakarta 21.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Namun dalam perjalanannya, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengaku begitu banyak hambatan dalam mencapainya.

"Namun, seperti kota-kota besar lainnya, Jakarta juga mengalami dampak kemajuan yang kurang positif seperti polusi udara, ekspansi kawasan perkotaan, dan infrastruktur yang tidak selalu sejalan dengan laju pertumbuhan kota yang pesat," ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam acara Simposium Jakarta 21, di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2011.

Itu artinya, lanjut Fauzi, terdapat tekanan yang ekstrim terhadap pelayanan umum di Jakarta. Seperti kesehatan, pendidikan, atau transportasi. Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, mengatakan permasalahan Jakarta salah satunya juga dipengaruhi oleh kondisi topographi, yakni 40 persen area Jakarta berada di bawah permukaan laut. Selain itu, Jakarta juga dilewati 13 sungai.

Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam

"Hal itu menjadikan Jakarta rentan terhadap bencana banjir yang seringkali diakibatkan oleh curah hujan tinggi dan rob laut karena adanya perubahan iklim serta risiko pada penurunan permukaan tanah," ungkapnya.

Menurut Foke, dalam upaya mengatasi tantangan itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara berkelanjutan memberikan kesempatan kepada publik dan membuat kebijakan dengan berbagai inisiatif. Salah satu contohnya, kata dia adalah mempercepat penyelesaian Kanal Banjir Timur (KBT) yang diklaim telah berhasil memperbaiki kualitas hidup bagi dua juta orang yang tinggal di sepanjang kanal tersebut.

Foke mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang dalam proses menyelesaikan draft Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), yang direncanakan berlaku hingga tahun 2030. Rancangan itu, kata Foke akan menjadi panduan bagi stakeholders dalam proses perencanaan pemanfaatan, dan pengawasan tata ruang wilayah Jakarta sebagai kota besar masa depan yang kompetitif dan dapat menjaga keseimbangan sosial dan ekologi.
    
"Tema proyek Jakarta 21 adalah menuju kota metropolitan yang berkelanjutan dan berorientasi transit. Ini sesuai dengan harapan kami bagi ibukota Indonesia, yang seharusnya lebih baik lagi daripada keberhasilan yang telah dicapai di masa lalu. Kami percaya Jakarta akan mampu memenuhi potensinya dan berhasil mewujudkan harapan tersebut," katanya.

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024