Priyo: Pramono Edhie Tentara Profesional

Pangkostrad Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso memprediksi ada dua nama yang dijagokan sebagai Kepala Staf Angkatan Darat berikutnya, menggantikan KSAD Jenderal TNI George Toisutta.

"Sedikitnya dua nama mempunyai sinar terang. Mereka adalah Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo dan Letjen TNI Budiman," kata Priyo di Gedung DPR, Jumat, 10 Juni 2011.

Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo adalah Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD, yang juga adik ipar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan Letjen TNI Budiman adalah Wakil KSAD.

Pramono Edhie memang disebut sebagai calon KSAD terkuat. Priyo pun menyebut Pramono sebagai perwira yang memiliki reputasi. Menurut Priyo, jika terpilih sebagai KSAD, itu disebabkan rekam jejak Pramono Edhie di militer. 

"Kalau lewat mekanisme profesional, yang terpilih, menurut saya Pramono Edhie. Dia tentara profesional, harus diapresiasi," ucap politisi Partai Golkar ini.

Walau memiliki karier yang panjang di militer, pengamat militer Universitas Indonesia Andi Widjajanto mengatakan Pramono Edhie memiliki satu kendala: kerabat SBY. Ini menimbulkan keraguan akan kelayakan anak sesepuh TNI, Sarwo Edhie Wibowo ini.

Namun, sejumlah pihak menyatakan dukungan. Di antaranya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Komisi I dari PDI Perjuangan, Tubagus Hasanuddin. Selain itu, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, mantan atasan Pramono Edhie di Kopassus, juga menilai Pramono Edhie layak menjadi KSAD.

Meski demikian, Priyo mengatakan tidak ada kasak-kusuk di DPR mengenai pemilihan KSAD. "Pimpinan DPR tidak turut campur, DPR cuma punya wewenang (dalam hal pergantian) panglima," jelas Priyo.

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Diskusi Dengan Wakonsul Amerika

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

 Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsul bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara, Kamis

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024