99 Persen Siswa SMA di Jakarta Lulus Ujian

Ujian Nasional
Sumber :
  • Antara/Arief Priyono

VIVAnews - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan sebanyak 99,52 persen siswa SMA di Jakarta lulus ujian nasional (UN). Angka kelulusan tahun 2011 ini lebih tinggi dibandingkan tingkat kelulusan secara nasional yang hanya mencapai 99,22 persen. "Untuk siswa SMK, tingkat kelulusan sedikit di atas SMA yakni 99,81 persen," kata Taufik di Jakarta.

Taufik menjelaskan, sistem kelulusan tahun ini memang sedikit berbeda dibanding tahun lalu. Tahun ini, nilai UN hanya memegang 60 persen dari komponen kelulusan, sementara 40 persen lainnya diolah dari nilai ujian sekolah dan nilai rapot siswa.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Untuk bisa lulus, setiap siswa tetap harus mendapat nilai minimal 5,5 dari tiap mata pelajaran yang diujikan. Hasil ujian sendiri akan diumumkan Senin esok melalui website sekolah, telepon, sms, surat maupun email.

Menurut Taufik, sistem pemberitahuan ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pengumuman ujian diserahkan ke masing-masing sekolah. "Pihak sekolah bertanggung jawab atas kelancaran dan ketenangan prosesnya," terangnya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, peserta ujian tingkat SMA tahun ini adalah 122.497 siswa. Dari jumlah itu, sebanyak 116.459 siswa mengikuti ujian atau 99,81 persen. Sementara siswa yang tidak hadir karena sakit atau ada keperluan mendadak sebanyak 224 atau 0,19 persen.

VP Public Relations KAI Joni Martinus

KAI Buka Suara soal Syarat Loker IPK 3,5 hingga Skor TOEFL 500

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau PT KAI bekerja sama dengan PT Dayalima Recruitment, saat ini tengah membuka rekrutmen untuk program Management Trainee Tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024