Ini Dia Jenis Ulat Bulu yang Serang Jakarta

Wabah ulat bulu di Bali
Sumber :
  • Bobby Andalan| Bali

VIVAnews – Peneliti di Balai Proteksi Tanaman, Dinas Kelautan dan Pertanian Jakarta, memperkirakan nama spesies ulat bulu yang berkembang biak secara cepat di Tanjung Duren, Jakarta Barat, baru dapat dipastikan paling lambat awal Mei 2011.

“Untuk mengetahui sampai ke tingkat spesiesnya kami butuh waktu. Saat ini masih pemeriksaan dulu. Karena kami mesti melihat detail-detail dari proses perkembangan ulat itu,” kata Muanis, salah satu peneliti di Laboratium Hama Penyakit Balai Proteksi Tanaman, Jakarta, Kamis, 14 April 2011.

Sejauh ini, Muanis menyatakan, peneliti baru berhasil mengidentifikasi golongan ulat bulu di Tanjung Duren itu. Yakni, golongan ulat bulu famili Lymantriidae.

Seperti diketahui, selama sepekan terakhir, ribuan ulat bulu memenuhi puluhan pohon cemara yang berdiri di sepanjang Kali Sekretaris, Tanjung Duren. Ulat-ulat itu memakan daun cemara dan bersembunyi di kulit batang pohon.

Kepala Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Jakarta Barat, Bambang Wisanggeni, menjelaskan fenomena ulat bulu yang terjadi di daerahnya beda dengan di Probolinggo, Jawa Timur. Kebiasaan ulat bulu Tanjung Duren hanya hinggap di pohon cemara, sementara di Probolinggo umumnya di pohon mangga.

“Dan ulat bulu di Tanjung Duren ini tidak sampai masuk rumah warga,” kata Bambang. “Dan ini tidak membahayakan.”

Alumni Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jurusan Agronomi tersebut menjelaskan bahwa fenomena ulat bulu Tanjung Duren bukan terjadi karena makin berkurangnya pepohonan yang menjadi sumber makanan utama bagi ulat.

Tetapi, kata Bambang, terjadi karena perubahan alam yang kemudian memicu penurunan populasi burung dan semut cangkrang yang selama ini menjadi pemakan ulat bulu. Karena jumlah predator berkurang, maka ulat bulu bebas dan cepat berkembang biak.

“Dengan kata lain, semakin kurangnya jumlah burung dan semut cangkrang membuat mata rantai makanan tidak berjalan dengan normal lagi,” kata dia.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Menaker Ida Menuturkan Transformasi BLK Tingkatkan Kualitas Pelatihan Vokasi

Salah satu program terpenting dalam memperbaiki ekosistem ketenagakerjaan secara keseluruhan adalah dengan melakukan transformasi Balai Latihan Kerja (BLK).

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024