Nyabu Bareng Cicit Soeharto, ES Diancam Pecat

Barang bukti narkoba shabu dan alat isap milik warga Malaysia Phoon Yue Chin
Sumber :
  • VIVAnews/ Dewi Umaryati

VIVAnews - Perwira polisi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) ES ditangkap saat mengonsumsi shabu  bersama cicit mantan presiden Soeharto, Putri Aryanti Haryowibowo, anak Ari Sigit.

Sanksi berat menanti perwira menengah yang bertugas di bagian keuangan Mabes Polri itu. "Itu berat ya, dipecat," kata Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komjen Pol Ito Sumardi di Mabes Polri, Jakarta, Senin 21 Maret 2011. "Berat pelanggarannya, dia kan sebagai anggota. Kalau terbukti menggunakan ya (dipecat)."

Ito mengatakan, selain sanksi pidana, AKBP ES juga akan diberi sanksi kode etik profesi.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar mengatakan Polri akan memproses unsur pidana yang dilakukan AKBP ES terlebih dahulu. "Setelah itu, baru akan diajukan ke sidang kode etik," kata Boy.

AKBP ES dan Putri Aryanti Haryowibowo ditangkap di Hotel Maharani, Jalan Buncit Raya, Jakarta Selatan pada Jumat dini hari, 18 Maret 2011. Divisi Propam Mabes Polri hari ini telah mendatangi Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya untuk memeriksa ES.

Sebelumnya, Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Anjan Pramuka Putra mengatakan, penangkapan Putri berawal dari dibekuknya pengguna narkoba berinisal JS di pelataran Plaza Semanggi dengan barang bukti 0,54 gram shabu-shabu.

Dari keterangan si JS di Plaza Semanggi itu kasus ini ditelusuri. Polisi bergerak ke sebuah kamar di Hotel Maharani di Jakarta Selatan. Di situ polisi mendapati Putri, ES dan GN sedang menggunakan shabu-shabu. Dari kamar itu  polisi mengamankan barang bukti 0,88 gram shabu dan alat hisap.

Sementara, Sandy Arifin, kuasa hukum Putri, membantah keras bahwa kliennya adalah pemilik shabu-shabu yang jumlahnya 0,8 gram itu.  Barang itu, kata Sandy, "Bukan barang milik Putri."

Sandy menegaskan bahwa penangkapan sejumlah orang di Hotel Maharani itu tidak terkait dengan Putri. Cicit Mantan Presiden Soeharto kebetulan saja ada di situ. (umi)

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono putro berusaha memberi motivasi para pemain usai kembali menelan kekalahan secara beruntun di Liga 1. Mereka kalah dari Persebaya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024